Bugar

Tidak Diragukan Lagi, Ini Sederet Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

Tidak Diragukan Lagi, Ini Sederet Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Minyak kemiri berasal dari tumbuhan yang bernama Aleurites moluccana. Tumbuhan dari Hawaii ini diambil bijinya untuk dimanfaatkan menjadi minyak dan jadilah minyak kemiri. 

Minyak kemiri sudah sejak lama dimanfaatkan untuk kesehatan rambut dan juga kulit. Berikut ini merupakan manfaat minyak kemiri.  

Tidak heran banyak produk kecantikan dan kesehatan berbahan dasar minyak kemiri mengklaim dapat memberikan berbagai manfaat.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah sederet manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Sederet Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Minyak kemiri mengandung asam amino dan juga asam lemak yang dapat menembus batang rambut dan kulit kepala Anda. 

Minyak kemiri dapat membuat rambut tampak berkilau, mempertahankan warna asli rambut, serta membuat rambut lebih tebal dan halus.

Hal ini menjadikan rambut dan kulit kepala Anda sehat. Selain itu, minyak kemiri juga bisa mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe. 

2. Melindungi kulit dari sinar matahari

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah melindungi kulit dari sinar matahari. Minyak kemiri mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Ketiga vitamin ini dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. 

Radikal bebas bisa diterima kulit dari berbagai sumber di lingkungan, seperti dari sinar matahari, angin, debu, dan partikel dari lingkungan lainnya. 

3. Mengurangi rambut rontok

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah mengurangi rambut rontok. Rambut rontok dalam jumlah sedikit mungkin umum terjadi pada setiap orang.

Jika rambut sering rontok dalam jumlah banyak, mungkin ini merupakan masalah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. 

Baca Juga: Sederet Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

4. Membantu menyembuhkan luka pada kulit

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah membantu menyembuhkan luka pada kulit. Minyak kemiri juga bermanfaat dalam menyembuhkan masalah kulit tertentu.

Seperti, kulit pecah-pecah, kulit kering, iritasi ringan pada kulit, luka, luka bakar, eksim, bekas luka, lesi, jerawat, dan psoriasis. 

Kandungan asam lemak dan antioksidan dalam minyak kemiri mungkin membantu dalam mengatasi masalah kulit tersebut. 

5. Menjaga kelembaban kulit

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah kelembapan kulit. Kemiri mengandung asam lemak yang kemudian diekstrak untuk dijadikan minyak kemiri.

Karena kandungannya ini, minyak kemiri bermanfaat untuk melembabkan kulit yang kering. 

Minyak kemiri dapat masuk dan meresap ke dalam pori-pori kulit dengan mudah, sehingga dapat menutrisi kulit. Kulit menjadi lebih halus dan kenyal. 

Anda juga tidak perlu khawatir minyak kemiri akan meninggalkan bekas minyak pada kulit. 

Tetapi, manfaat minyak kemiri dalam kecantikan umumnya belum mendapat verifikasi secara medis sehingga penggunaannya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Itulah sederet manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News