ads

Tidak Diragukan Lagi, Ini Manfaat Tomat bagi Tubuh. Bisa Menjaga Kesehatan Kulit!

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:18 WIB
Tidak Diragukan Lagi, Ini Manfaat Tomat bagi Tubuh. Bisa Menjaga Kesehatan Kulit!

ILUSTRASI. Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh


MOMSMONEY.ID - Tomat adalah salah satu sayuran yang banyak dijual di pasaran. Meskipun murah, tomat memiliki banyak nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Kandungan tomat dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kulit, hingga diabetes. Tomat juga bisa menurunkan berat badan. 

Tomat adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk menghalau radikal bebas. 

Radikal bebas diketahui dapat merusak sel dan jaringan tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit, dikutip dari Medical News Today.

Baca Juga: Waspadai! Ini Gejala Penyakit Vertigo yang Sering Terjadi

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat tomat yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Membantu kesehatan sistem pencernaan

Manfaat makan tomat mentah berkhasiat untuk menurunkan risiko gangguan pada usus, sehingga secara umum bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. 

Kandungan seratnya pun dapat membantu merangsang gerakan peristaltik pada otot saluran pencernaan, sehingga dapat membantu mengurangi gejala sembelit atau konstipasi. 

Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya menjaga organ di dalam tubuh, manfaat buah tomat juga dapat dirasakan oleh kulit. Sebab, beberapa penelitian menyimpulkan, likopen yang banyak terkandung dalam tomat dapat melindungi kulit dari kondisi sunburn. 

Mengendalikan radikal bebas

Tomat kaya dengan berbagai molekul antioksidan, molekul yang berperan dalam mengendalikan radikal bebas berlebih.

Radikal bebas yang tak terkendali dapat menimbulkan kerusakan sel dan berujung pada penyakit. Beberapa molekul antioksidan pada tomat yaitu likopen, beta-karoten, dan asam klorogenat. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Utama Asam Lambung Naik

Mengendalikan tekanan darah

Mengonsumsi tomat dengan rutin berpotensi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat tomat ini bisa didapatkan karena kandungan kalium (potassium) yang lumayan tinggi di dalamnya. 

Kalium dapat bertindak sebagai vasodilator, karena dapat memperlebar pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Dengan begitu, tekanan darah pun berpeluang untuk turun. 

Menjaga kesehatan jantung

Tomat kaya dengan senyawa likopen. Pigmen pemberi warna kemerahan ini dilaporkan dapat mencegah oksidasi lipid, kondisi yang dapat memicu penyakit jantung.

Studi pun menemukan bahwa buah tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida. 

Dengan begitu besarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kandungan gizi tomat, rasanya sayang bila melewatkan tomat dalam menu makan sehari-hari. 

Agar mendapatkan manfaat secara optimal, Anda dianjurkan mengonsumsi tomat segar yang sudah dimasak dan dikombinasikan dengan sumber lemak baik juga makanan sehat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER