Tidak Diragukan Lagi, Ini Manfaat Buah Apel Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 30 September 2022 | 10:28 WIB
Tidak Diragukan Lagi, Ini Manfaat Buah Apel Jika Dikonsumsi Secara Rutin

ILUSTRASI. Manfaat Buah Apel Jika Dikonsumsi Secara Rutin


MOMSMONEY.ID - Tak hanya lezat, manfaat apel bagi kesehatan juga tidak perlu diragukan. Buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia ini diketahui mengandung beragam nutrisi.

Tak hanya itu, buah apel juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid, dan pektin yang baik bagi kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Anda bisa mengonsumsi buah apel dengan berbagai cara, baik dimakan langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah.

Dikutip dari Harvard School of Public Health, Anda akan mendapatkan manfaat serta nutrisi dari mengonsumsi buah apel utuh dan segar, seprti berikut :

Baca Juga: Sederet Cara Efektif Mengatasi Diare Pada Ibu Menyusui, Cari Tahu Yuk!

Menurunkan risiko terkena diabetes

Manfaat buah apel jika dikonsumsi rutin yang pertama adalah menurunkan risiko terkena diabetes.

Kandungan finonutrien di dalam buah apel berfungsi untuk mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. 

Manfaat apel lainnya juga bisa menghambat proses pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Manfaat buah apel jika dikonsumsi rutin yang kedua menjaga kesehatan saluran pencernaan. Buah apel kaya akan serat yang bisa melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya, sebab kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Menjaga kesehatan dan fungsi jantung

Manfaat buah apel dikonsumsi rutin yang ketiga adalah menjaga kesehatan dan fungsi jantung. Rutin mengonsumsi buah apel diketahui mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Mengonsumsi apel juga bisa membantu menurunkan kolesterol darah. Mencegah penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri juga merupakan salah satu manfaat apel.

Manfaat ini berasal dari kandungan pektin, fitonutrien, dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

Baca Juga: Ketahui 5 Tanda Tubuh Anda Terkena Alergi Obat

Menurunkan berat badan

Manfaat buah apel jika dikonsumsi rutin yang keempat adalah menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel mampu menurunkan berat badan.

Manfaat apel untuk menjaga berat badan ini berasal dari kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama serta melancarkan buang air besar (BAB).

Mengatasi bau mulut

Manfaat buah apel jika dikonsumsi rutin yang kelima adalah bisa mengatasi bau mulut. Jika Anda memiliki masalah bau mulut, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi buah apel.

Apel mengandung senyawa pektin yang dapat meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan mulut dan mengontrol bau makanan dalam mulut. 

Itulah manfaat buah apel yang bisa Anda rasakan jika dikonsumsi rutin setiap hari dan pastinya tambahi asupan nutrisi dari buah dan sayuran lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER