Bugar

Tidak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Bihun untuk Kesehatan Tubuh

Tidak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Bihun untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Bihun atau yang juga dikenal dengan sebutan mi beras, adalah jenis mi yang terbuat dari tepung beras.

Manfaat bihun didapatkan dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya, seperti karbohidrat, protein, selenium, mangan, dan vitamin A.

Selain itu, bihun juga mengandung lemak dan garam yang lebih rendah daripada mi lain. Berkat kandungan nutrisinya, konsumsi bihun berpotensi membawa sejumlah manfaat.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat bihun untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan, antara lain: 

 Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Teh Mawar untuk Kesehatan Tubuh

Memasok energi bagi tubuh

Tubuh kita membutuhkan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan mengonsumsi bihun, energi yang diperlukan tersebut dapat terpenuhi dengan mudah.

Ini karena bihun mengandung karbohidrat yang memang berfungsi sebagai pemasok energi utama bagi tubuh.

Alternatif makanan bebas gluten 

Bihun termasuk makanan bebas gluten karena terbuat dari tepung beras. Dengan rasa dan tekstur yang mirip dengan produk gandum, bihun bisa menjadi alternatif makanan bebas gluten. 

Makanan ini sangat baik bagi orang yang menderita penyakit celiac, sensitif terhadap gluten non-celiac, atau sedang menjalani diet gluten free.

Menjaga kesehatan dan fungsi tiroid

Bihun memiliki kandungan selenium yang cukup tinggi. Salah satu penelitian menyatakan bahwa adanya kaitan antara tercukupinya kebutuhan selenium dengan berkurangnya risiko gangguan tiroid, termasuk yang disebabkan oleh penyakit autoimun. 

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Wijen untuk Kesehatan Tubuh

Memelihara sistem kardiovaskular dan ginjal 

Bihun termasuk makanan yang rendah natrium atau sodium. Kelebihan natrium dalam asupan sehari-hari dikaitkan dengan peningkatan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. 

Itulah sebabnya, bihun bisa menjadi pilihan makanan rendah natrium yang baik untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dan ginjal. 

Menjaga kesehatan mata

Sebagian bihun yang dijual di pasaran mengandung vitamin A tambahan (difortifikasi). Vitamin A bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata.

Untuk itu, selalu baca kandungan nutrisi yang tertera di kemasan bihun, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin A ini.

Itulahbeberapa manfaat bihun untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Namun, perlu diingat, agar manfaatnya bisa terasa secara maksimal, bihun perlu diolah dengan cara yang sehat pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News