Bugar

Tidak Banyak Diketahui, Ini 10 Manfaat Daun Krokot untuk Kesehatan

Tidak Banyak Diketahui, Ini 10 Manfaat Daun Krokot untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat daun krokot untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, agar bisa merasakan khasiatnya untuk tubuh. 

Daun krokot adalah sayuran berdaun hijau yang bisa dimakan mentah atau dimasak. Tanaman sukulen ini mengandung sekitar 93% air. Manfaat daun daun krokot ini cukup banyak. 

Manfaat daun daun krokot banyak berasal dari kandungan dua jenis asam lemak omega-3, ALA, dan EPA yang biasa terkandung pada hewan juga alga.

The Scientific World Journal menyebutkan, tanaman daun krokot populer sebagai obat tradisional di Tiongkok untuk mengatasi hipotensi dan diabetes.

Tanaman daun krokot memiliki batang berwarna merah dan daun kecil berwarna hijau. Tanaman ini masih belum terbukti secara ilmiah memiliki efek antidiabetes. 

Terlepas dari itu, tanaman daun krokot memiliki zat mucilaginous yang penting untuk pengobatan beberapa masalah kesehatan.

Baca Juga: Daftar Obat Radang Tenggorokan di Apotek Tanpa Resep Dokter

Dilansir dari Mayo Clinic dan juga Web MD, berikut beberapa manfaat daun krokot untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat daun krokot untuk kesehatan yang pertama adalah meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3nya dapat membantu mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh.

Hal ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan kolesterol yang lebih sehat dalam aliran darah kita.

Mengonsumsi makanan yang tinggi omega-3 juga telah terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta aterosklerosis, sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Selain itu, kandungan potasiumnya dapat mengurangi tekanan darah karena sifatnya sebagai vasodilator, merelaksasi pembuluh darah, dan mungkin mengurangi ketegangan pada jantung.

2. Mencegah kanker

Manfaat daun krokot untuk kesehatan yang kedua adalah mencegah kanker. Kenyatakan bahwa minyak daun krokot memiliki antioksidan dan antiproliferatif yang mengurangi stres oksidatif.

Minyak daun krokot mampu menghambat pertumbuhan sel tumor. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat tanaman daun krokot yang satu ini.

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat daun krokot untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mebantu menurunkan berat badan. 100 gram daun krokot terdapat 20 kalori sehingga menjadikan tanaman ini rendah kalori.

Daun krokot dapat menjadi menu tambahan yang baik untuk diet penurunan berat badan. Ekstrak daun krokot juga terbukti memiliki kemungkinan efek anti-obesitas dan anti-diabetes.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat daun krokot untuk kesehatan yang keempat adalah meningkatkan kesehatan mata. Tanaman daun krokot mengandung vitamin A dan juga beta karoten.

Tidak hanya itu, vitamin A dan beta karoten dianggap ampuh mencegah degenerasi makula dan katarak, dengan cara membunuh radikal bebas yang sering kali menyerang sel-sel di mata.

5. Membantu perkembangan anak

Manfaat daun krokot untuk kesehatan yang lainnya adalah bisa membantu perkembangan anak. Tanaman daun krokot mengandung banyak asam lemak baik (omega-3).

Kadar asam lemak omega-3 yang tinggi dalam makanan anak-anak dapat menurunkan beberapa tanda dan gejala pada gangguan perkembangan tertentu, termasuk autisme dan ADHD.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! 10 Rekomendasi Bahan Alami Obat Panas untuk Bayi

6. Membantu merawat kulit

Daun krokot juga dapat membantu mengobati berbagai macam kondisi kulit. Daun daun krokot mengandung vitamin A tinggi.

Kombinasi vitamin dengan gulma dapat secara efektif membantu mengurangi peradangan. Penggunaan daun daun krokot secara topikal juga dapat membantu mengatasi alergi kulit.

Anda dapat mengonsumsi olahan daun krokot untuk membantu memperbaiki kulit, mengurangi kerutan, dan merangsang penyembuhan sel kulit untuk menghilangkan bekas luka dan noda.

7. Mengandung antioksidan

Tanaman daun krokot mengandung banyak antioksidan dan senyawa tumbuhan yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan, seperti Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, Glutathione dan Melatonin.

Sebuah riset pada remaja obesitas membuktikan, daun krokot dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Keduanya adalah faktor risiko penyakit jantung.

8. Memperkuat tulang

Manfaat daun krokot untuk kesehatan yang selanjutnya adalah memperkuat tulang. Mineral yang ada dalam daun krokot menjadi pilihan yang sehat bagi orang yang mengidap osteoporosis.

Kalsium, magnesium, besi, dan mangan adalah semua elemen yang mungkin diperlukan untuk mengembangkan jaringan tulang dan mempercepat proses penyembuhan tulang.

Daun krokot juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu pencegahan osteoporosis.

Baca Juga: Sederet Gejala dan Penyebab Kanker Getah Bening yang Kerap Disepelakan

9. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat daun krokot untuk kesehatan yang kesembilan adalah meningkatkan sirkulasi darah. 

Tingginya kandungan zat besi dan tembaga yang dimiliki tanaman daun krokot dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah baru.

Kedua mineral tersebut juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan mengirimkan lebih banyak oksigen ke bagian-bagian penting di dalam tubuh.

10. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Manfaat daun krokot untuk kesehatan yang terakhir bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. 

Ramuan daun krokot telah lama menjadi pengobatan tradisional China untuk mengobati masalah pencernaan seperti wasir dan diare.

Hal ini karena tanaman daun krokot mengandung molekul kimia seperti dopamin, asam malat, asam sitrat, alanin, dan glukosa yang mampu mengatasi masalah pencernaan.

Itulah beberapa manfaat daun krokot untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui agar bsia merasakan khasiatnya untuk tubuh.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News