HOME, Bugar

Tetap Sehat Saat Lebaran, Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol

Tetap Sehat Saat Lebaran, Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Momen lebaran menjadi momen yang menyenangkan untuk menyantap beragam kuliner nikmat. Hidangan ini tak lepas dari kolesterol. 

Tenang saja, kami sudah merangkumkan berbagai kudapan sehat yang bisa bantu turunkan kolesterol agar Anda tidak khawatir makan saat berkumpul bersama keluarga.

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah makanan yang menurunkan kolesterol. 

1. Terung 

Terung adalah sayur berwarna ungu yang mengandung serat tinggi. Menurut American Heart Association, konsumsi serat tinggi mampu memperbaiki kadar kolesterol di dalam darah. 

2. Okra 

Okra adalah sejenis sayur yang mirip dengan oyong. Sayur ini mengandung lendir yang mampu menurunkan kolesterol. Lendir tersebut akan mengikat lemak yang berada di dalam saluran pencernaan sehingga tidak diserap oleh tubuh dan akan dikeluarkan dari saluran pencernaan. 

Baca Juga: Batasi Konsumsi Cookies Lebaran, Ingat Kalori dan Gula Tinggi!

3. Apel 

Apel terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kolesterol trigliserida di dalam darah. Hal ini disebabkan karena kandungan serat tinggi dan antioksidan polifenol di dalam apel. Cukup mengonsumsi dua buah apel sehari untuk menjaga kadar kolesterol Anda. 

4. Alpukat 

Alpukat adalah buat yang mengandung lemak baik. Kandungan lemak baik dalam buah ini justru mampu menurunkan kolesterol jahat atau LDL di dalam darah, serta menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. 

5. Ikan 

Ikan hampir mirip dengan alpukat yang kaya akan lemak baik. Salah satu kandungan lemak baik di dalam ikan adalah omega 3. Anda bisa menemukan kandungan ini di berbagai jenis ikan, contohnya salmon dan ikan kembung. 

Baca Juga: Sajian Favorit Kala Lebaran, Ternyata Begini Asal-usul Kue Nastar

6. Kacang-kacangan 

Kacang kaya akan lemak tidak jenuh yang bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, kacang mengandung serat tinggi yang bisa menyerap kolesterol dan membuangnya dari dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi kacang almon, walnut, mede, hingga kacang kedelai. 

7. Oat 

Salah satu makanan yang sudah terkenal mampu menyerap kolesterol adalah oat. Anda hanya perlu mengonsumsi setengah cangkir oat sehari secara rutin untuk menurunkan kolesterol secara signifikan. Anda bisa menambahkan buah-buahan favorit untuk menambah rasa dan gizi yang terkandung di dalamnya, seperti pisang dan stroberi. 

Itu dia daftar makanan penurun kolesterol. Sekarang Anda bisa makan bersama keluarga besar dengan tenang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Makanan Penurun Kolesterol Agar Tenang Makan Saat Lebaran" 

Penulis : Nadia Faradiba
Editor : Nadia Faradiba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News