Santai

Terungkap, Ini 4 Penyebab Konsentrasi Menurun! Nomor 2 Bikin Kaget!

Terungkap, Ini 4 Penyebab Konsentrasi Menurun! Nomor 2 Bikin Kaget!

MOMSMONEY.ID - Untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar tentunya diperlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi. 

Namun, tak setiap saat fokus dan konsentrasi bisa terjaga dengan stabil. Ada beberapa hal yang membuat tingkat fokus seseorang menjadi berkurang.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa seseorang tidak bisa fokus dan yang menyebabkan fokus berkurang.

Baca Juga: Tertarik Ikut Pilates? Coba Latihan Gratisnya di 4 Channel Youtube Pilates Ini Dulu!

Kurang tidur

Kurang tidur atau istirahat menjadi salah satu penyebab umum yang membuat seseorang kehilangan fokus. Untuk bisa fokus dan memiliki perhatian penuh pada sebuah hal membutuhkan kerja otak yang tinggi.

Sehingga kurangnya istirahat bisa mempengaruhi fokus dan mengganggu konsentrasi. Maka akan lebih baik untuk mempertahankan istirahat cukup untuk mengistirahatkan sel sel otak dan me-recharge kembali sel-selnya.

Terlalu banyak makan makanan manis

Laman Web MD menjelaskan bahwa makanan manis bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang membuat energy menjadi jatuh. Akhirnya tubuh menjadi lemas dan kehilangan fokus.

Tak hanya makanan manis yang membuat tubuh menjadi lemas dan fokus berkurang. Makanan berlemak pun juga bisa menjadi penyebab seorang kehilangan fokusnya. Sebab lemak dapat mengakibatkan inflamasi yang berpengaruh ke otak.

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat Pijat Bersama Pasangan

Terlalu banyak bekerja

Pekerjaan yang overload atau berlebihan ternyata bisa membuat seseorang menjadi kehilangan fokusnya. Melansir dari laman Wise Bread, pekerjaan menumpuk dan keinginan untuk menyelesaikan semua pekerjaan secara langsung merupakan hal yang tidak efisien.

Hal-hal tersebut malah akan berpengaruh terhadap fokus yang dimiliki seseorang. Terlalu banyak bekerja bisa menyebabkan otak menjadi dipaksa bekerja keras dan lelah. Akhirnya fokus pun menjadi berkurang.

Kurang olahraga

Olahraga yang kurang dapat membuat seseorang mudah kehilangan fokus. Olahraga sendiri merupakan aktivitas yang bisa membantu untuk meningkatkan hormon, mengurangi stress dan cemas, serta membantu pertumbuhan sel otak.

Semua hal tersebut merupakan hal yang berpengaruh pada kerja otak yang mempengaruhi fokus dan konsentrasi. Sehingga melakukan olahraga ringan ketika tidak bisa fokus bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari kehilangan fokus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News