HOME, Keluarga

Tertarik Tanaman Hias Merambat? Ini Rekomendasi Jenisnya untuk Anda

Tertarik Tanaman Hias Merambat? Ini Rekomendasi Jenisnya untuk Anda

MOMSMONEY.ID - Tanaman hias bisa juga digunakan untuk menghias dinding rumah Anda yang masih polos. Tanaman rambat adalah pilihan yang tepat untuk mengisinya. Selain di dinding, Anda juga dapat menanamnya di depan pagar rumah. Apalagi jika Anda tak memiliki banyak lahan untuk menanam.

Karakteristik tanaman merambat umumnya dapat tumbuh dengan cepat, sehingga perlu dilakukan perawatan yang rutin. Namun, tanaman merambat dapat memberikan nuansa alam yang teduh di lingkungan rumah. Ada berbagai jenis tanaman hias merambat, ada yang hanya terdiri dari daun saja dan bahkan yang juga berbunga.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengecek Kondisi Tanaman Hari Ini? Nah, Begini Caranya!

Jika Anda tertarik, berikut 5 jenis tanaman hias merambat untuk menghias dinding rumah.

Sirih

Tanaman sirih tentu tak asing lagi di telinga orang Indonesia. Tanaman ini memang asli dari Indonesia. Ada berbagai jenis tanaman sirih yang bisa dijadikan tanaman hias merambat, seperti sirih gading, sirih merah, dan lain-lain. Selain menjadi tanaman hias, tanaman sirih juga sering dijadikan sebagai obat-obatan herbal yang kaya manfaatnya.

Sirih dapat tumbuh merambat dengan tinggi 15 m, asalkan disirami dan kelembapannya terjaga. Daunnya tunggal berbentung jantung dengan panjang 5-8 cm dan lebar 2-5 cm. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung betlephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak, dan kavikol yang dapat mematikan kuman, fungisida, serta antijamur. Terkadang tanaman ini juga berbunga majemuk dengan bentuk bulir dan terdapat daun pelindung berwarna putih dan merah.

Clematis

Clematis merupakan tanaman kultivar yang memiliki banyak sekali warna. Ada jenis Nelly Moser yang berwarna ungu, Apple Blossom berwarna putih, Niobe berwarna merah, Jackmanii yang berwarna ungu tua, Ernest Markham yang berwana merah jambu tua, dan sebagainya.

Tanaman ini sangat digemari karena sifatnya tang evergreen atau bisa tumbuh sepanjang tahun. Asal mereka mendapat sinar matahari dan air yang cukup. Dilansir dari thespruce.com, Anda perlu membantu clematis dengan menghubungkannya ke teralis saat mulai merambat, tetapi begitu dibutuhkan, tanaman ini akan melilit melalui strukturnya sendiri.

Baca Juga: Begini Caranya Merawat Tanaman Anggrek yang Mudah dan Benar

Mandevilla

Mandevilla atau rocktrumpet merupakan tanaman merambat berbunga tropis dan subtropis. Tanaman ini menghasilkan bunga lima kepolak yang besar dan harum di samping daunnya yang hijau mengilap. Varian warnanya ada merah muda, merah, dan putih.

Tanaman ini dapat tumbuh dan merambat cepat mengikuti bentuk penyangganya. Namun, mereka juga dapat tumbuh di keranjang gantung dan dibiarkan terkulai ke bawah.

English Ivy

English ivy atau daun ivy merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam dan merambat di dinding rumah-rumah masa kini. Tanaman ini terkenal kuat dan mampu beradaptasi dengan beragam kondisi, bahkan tanpa bantuan manusia.

Daunnya unik, merupai kaki bebek dengan perpaduan warna hijau dan putih. Daunnya cukup rimbun sehingga nuansa alam semakin kuat diperoleh. Namun, tanaman ini menyukai cahaya yang redup, sehingga sering dipajang di teras-teras rumah dan di dalam ruangan. Tanaman ivy dapat merambat hingga 30 meter.

Air Mata Pengantin

Tanaman air mata pengantin atau Antigonon ini adalah tanaman merambat dengan bunga merah jambu yang khas. Tanaman ini populer di masa colonial Belanda dan banyak ditanam di pekarangan rumah.

Air mata pengantin dapat tumbuh dengan cepat dengan panjang rambatan 6 meter. Akan tetapi, di alam liar, tanaman ini dapat merambat mencapai 9-12 meter dalam waktu 2-5 tahun. Mereka tahan panas dan dapat hidup dalam kondisi kering. Sangat cocok ditempatkan di dinding belakang rumah yang mampu menahan perubahan iklim. 

Selanjutnya: 6 Jenis Edible Flowers, Tanaman Bunga Hias yang Bisa Dijadikan Santapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News