CLOSE [X]
ads

Tertarik Kucing Siam? Ketahui 7 Jenis Rasnya

Sumber: The Discerning Cat
Kamis, 23 Juni 2022 | 14:25 WIB
Tertarik Kucing Siam? Ketahui 7 Jenis Rasnya

ILUSTRASI. Tertarik Kucing Siam? Ketahui 7 Jenis Rasnya


MOMSMONEY.ID - Kucing siam merupakan kucing ras yang berasal dari Thailand. Ini adalah salah satu ras kucing yang mahal karena kombinasi warnanya yang unik dan khas.

Bahkan saat ini, ada banyak jenis kucing siam yang diklasifikasikan berdasarkan ukuran kepala, ekor, dan pola runcingnya.

Dilansir dari The Discerning Cat, kucing siam dibagi menjadi dua jenis, yakni tradisional dan modern. Kucing siam tradisional dapat dibagi lagi menjadi tiga jenis, yakni applehead, klasik, dan gaya lama. Di sisi lain, kucing siam modern, dibagi lagi menjadi variasi wedge dan light color. Namun, untuk memudahkan Anda, berikut jenis-jenis kucing siam yang bisa dipelihara.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Toksoplamosis pada Anjing

Kucing Siam Tradisional

Kucing siam tradisional betrayal dari bangsa Siam yang kini dikenal sebagai Thailand. Ciri-ciri yang terlihat adalah ekornya yang bengkok dan matanya juling. Kucing siam tradisional memiliki bulu yang terang yang ditutupi oleh area gelap di kaki, wajah, telinga, dan ekornya.  

Sebuah mitos menjelaskan bahwa kucing siam memiliki ekor yang bengkok karena dulunya mereka diberi tanggung jawab untuk melindungi piala kerajaan di dalam kerajaan Siam. Demi melindunginya, kucing siam melingkarkan ekor mereka di sekitar benda-benda berharga tersebut. Sementara mata julingnya didapat karena mereka terus-menerus menatap piala.

Kucing Siam Klasik

Kucing siam klasik muncul pertama kali di abad ke-15 dan diperkenalkan oleh Cat Fanciers Association ke dalam kategori Advanced New Breed pada tahun 2009. Jenis ini memiliki tubuh dan ekor yang panjang. Ini adalah faktor pembeda utama dari jenis siam yang lain. Kucing siam klasik juga tidak memiliki lekukan yang mencolok di hidung. Kepalanya bulat, mata biru tajam, dan bagian-bagian warna gelap yang sangat klasik.

Kucing Siam Modern

Kucing siam modern berpenampilan lebih panjang dan kurus dari jenis tradisional. Selain itu, pada tahun 1960-an dan 1980-an, kucing siam modern muncul dengan warna-warna berbeda dan menciptakan jenis wedge dan kucing sian berwarna terang.

Meskipun penampilannya berbeda, kucing siam modern memiliki ciri-ciri kepribadian yang sama dengan kucing siam lainnya.

Baca Juga: Bulu Hewan Peliharaan Rontok? Ini 4 Kemungkinan Penyebabnya

Applehead

Dari namanya, Anda dapat menebak ada bagian tubuhnya yang mirip buah apel. Ini adalah kepalanya. Dari segi warna, kucing siam applehead memiliki bintik-bintik asli berwarna cokelat tua-hitam, seperti jenis siam tradisional lainnya. Namun, mereka memiliki tulang yang lebih besar dan tubuh berotot yang beratnya bisa mencapai 18 pon atau sekitar 8,2 kg.

Brown Point

Ini mungkin adalah jenis yang paling umum ditemukan. Gaya siam ini memiliki dasar berwarna krem dengan bagian titik-titik berwarna cokelat. Mereka biasanya terlihat seperti seal points, tetapi kontras warnanya lebih mencolok.

Lilac Point

Ini adalah siang langka yang memiliki dasar putih kontras dengan titik abu-abu yang memiliki sentuhan merah muda. Anda dapat membedakannya secara langsung dengan kucing siam lainnya karena umumnya memiliki titik-titik hitam di bagian kaki, kepala, telinga, dan ekornya.

Cream Point

Jika semua kucing siam cenderung memiliki point berwarna cokelat-kehitaman, maka berbeda dengan cream point.

Kucing siam ini memiliki warna dasar putih hingga krem dengan bintik-bintik cokelat kekuningan. Mereka adalah hasil persilangan antara kucing red point siam, kucing Abyssinian, dan kucing domestic shorthair. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER