Santai

Tertarik Jadi Youtuber Food, Simak Tips Berikut

Tertarik Jadi Youtuber Food, Simak Tips Berikut

MOMSMONEY.ID - Belakangan konten video mukbang jadi salah satu konten youtube yang cukup diminati penonton. Meskipun menu makanannya tak asing di kalangan masyarakat namun konten tersebut kerap kali membuat rasa lapar penonton meningkat.

Namun, membuat sebuah konten kuliner tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dilakukan sebelum anda berkecimpung di dunia konten kreator kuliner. Salah satu youtuber populer asal Indonesia, Mgdalenaf pun bercerita bahwa dirinya tak menyangka bisa menjalani profesi konten kreator di bidang kuliner dan dikenal banyak orang. “Karena latar belakang profesi keluarga dan aku tidak di dunia broadcasting. Jadi nggak nyangka sih,” ucap Mgdalenaf dalam acara bincang shopee 7.7 "Gugah Selera Lewat Kreasi Konten Makanan".

Menyandang predikat sarjana kriminologi Universitas Indonesia, Mgdalenaf mulai menjalankan konten di youtube pada tahun 2017. Dia mengaku bahwa seluruh menu makanan kaki lima sampai restoran disambangi dan dijadikan konten.

Baca Juga: Apakah Kipas Angin Plafon Boleh Dinyalakan Lebih Dari 8 Jam Setiap Hari?

Menurut Mgdalenaf, menjadi konten kreator kuliner merupakan hobi terpendamnya. Pasalnya, dirinya bilang sejak kecil dirinya suka mencicipi berbagai makanan. Bahkan, sampai saat ini, dirinya tidak pilih-pilih saat ditawari makanan apapun. Selain itu, dengan menjadi konten kreator, Mgdalena juga mendapat pengalaman yang tak terlupakan dimana dirinya mampu mengingat tempat makan yang dikunjungi hingga harga makanan yang dibelinya.

Nah, untuk anda yang baru menjajal dunia konten kreator makanan, berikut kiat-kiat yang dibagikan Mgdalenaf agar menjadi konten kreator kuliner yang sukses.

  1. Brand identity yang unik

Untuk menjadi konten kreator memang terbilang mudah. Cukup suka makan, siapkan menu makanan yang akan ditampilkan dan anda harus menjelaskan makanan tersebut. Belakangan, konten kreator makanan pun terbilang banyak. Malahan dari usia anak-anak pun sudah ada yang menjajal profesi tersebut. Menurut Mgdalenaf, anda perlu menunjukkan sesuatu yang unik dalam konten anda.

Salah satu contoh yang paling mudah untuk anda jadikan ciri khas di konten adalah  lewat musik di video, angle pengambilan gambar, dan tagline konten anda.

Seperti dirinya yang menciptakan tagas Barbarkuy dalam setiap kontennya. Yang artinya, saat menyantap setiap menu makanan, Mgdalenaf merupakan sosok yang bar bar. “Selain itu, video youtube aku juga selalu dan hampir banyak menampilkan makanan ketimbang aku. Ini agar penonton benar-benar menikmati tayangan yang memperlihatkan makanan itu,” ujarnya.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Daun Sirih untuk Perawatan Kulit

  1. Ada keinginan belajar

Agar sukses menjadi konten kreator kuliner, Mgdalenaf menegaskan bahwa anda harus selalu mau belajar. Seperti dirinya yang sampai saat ini masih mengikuti pelatihan public speaking. Baginya, seorang konten kreator harus bisa menyampaikan pesan dengan baik. “Karena seringkali pesannya tidak tersampaikan atau miskomunikasi. Karena minim belajar,” katanya.

  1. Belajar peralatan konten

Tak hanya berbekal komunikasi yang baik, seorang konten kreator juga dituntut memahami peralatan yang digunakan saat pembuatan konten. Mgdalenaf bilang sangat penting bagi anda yang baru memulai konten di bidang kuliner untuk tahu mengenai kamera, lighting, dan lainnya. 

Yang jelas, Mgdalenaf menyebutkan bahwa sebagai konten kreator harus selalu haus belajar. Karena selain suka makan, anda harus selalu menggali hal-hal terkait dunia konten kuliner. Dan yang terakhir, baginya menjadi seorang konten kreator tidak dituntut makan yang banyak, melainkan bisa menampilkan konten yang menarik lewat makanan ataupun cerita di balik pembuatan makanan tersebut. Bagaimana, apakah anda siap mencobanya?

Baca Juga: Promo Shopee Home & Hobby Great Sale, Dapatkan Diskon hingga 80%!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News