Keluarga

Ternyata Sepele, Ini Hal yang Bikin AC Terasa Tidak Dingin!

Ternyata Sepele, Ini Hal yang Bikin AC Terasa Tidak Dingin!

MOMSMONEY.ID - Memasuki musim panas atau kemarau, AC menjadi barang yang hampir selalu digunakan di setiap rumah.

Oleh karena itu, AC yang tidak dingin bisa menghambat produktivitas dan waktu santai penghuni rumah.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa AC di rumah mendadak tidak terasa dingin, padahal sebelumnya tidak begitu?

Kalau begitu, simak artikel ini. Bisa jadi salah satu poin di bawah merupakan penyebab AC di rumah Anda tidak dingin.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit, Cari Tahu Yuk!

Filter yang kotor

Filter atau penyaring yang terdapat dalam AC berfungsi untuk menyaring debu dan partikel kotor lainnya dari udara, sehingga sistem di dalam mesin AC dapat berjalan dengan baik dan mengeluarkan udara bersih untuk ruangan.

Jika debu dan kotoran yang menempel pada filter sudah menumpuk, maka hal ini bisa menghalangi aliran udara ke dalam mesin AC dan mengganggu kerja AC, sehingga udara yang dihasilkan oleh AC tidak dingin.

Solusinya, bersihkan filter AC secara rutin supaya aliran udara yang masuk dan keluar AC menjadi lancar.

Unit kondensor tersumbat

AC rumahan umumnya terdiri dari dua bagian, yaitu bagian dalam dan bagian luar. Kondensor merupakan unit bagian luar AC yang berfungsi untuk menarik udara ke luar untuk melepaskan udara panas dari dalam rumah.

Kondensor terdiri dari jalinan kawat yang tersusun rapat sehingga rentan tersumbat oleh debu dan kotoran dari lingkungan sekitar. Apalagi, kondensor merupakan unit AC yang diletakkan di luar rumah, jadi jauh lebih sering terpapar kotoran dan debu dari luar.

Sama seperti filter, kondensor AC yang tersumbat bisa menghambat kinerja AC menjadi tidak efisien. Akibatnya, udara yang dihasilkan AC tidak sedingin biasanya.

Solusinya, Anda bisa membersihkan kondensor secara teratur untuk menyingkirkan debu dan kotoran. Bersihkan dengan hati-hati supaya jalinan kawat kondensor tidak rusak.

Baca Juga: Tak Perlu Kewalahan, Ini Tips Merapikan Rumah Sebelum Pindahan

Refrigerant atau freon bocor

Refrigerant atau freon merupakan komponen penting yang berperan dalam mendinginkan udara.

Cara kerjanya, freon yang berbentuk cairan mengalir dari unit luar ke unit dalam AC, kemudian berubah bentuk menjadi gas dan menyerap hawa panas dari udara sekitar dan melepaskannya ke luar ruangan.

Oleh karena itu, jika AC di rumah Anda tidak terasa dingin, Anda harus memastikan freon AC tidak bocor atau habis. Jika freon bocor atau habis, Anda perlu mengisinya kembali supaya AC bisa bekerja secara maksimal dan mengeluarkan udara dingin.

Nah, itu tadi beberapa penyebab AC rumah Anda tidak dingin.

Jika Anda sudah memeriksa dan mencoba membetulkan AC namun masih tidak dingin juga, jangan ragu untuk menghubungi tukang servis yang profesional supaya masalahnya cepat teratasi.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News