Ternyata Mudah, Ini Dia Tahapan Membuat EHAC Dari Aplikasi Peduli Lindungi

Reporter: Christ Penthatesia
Sabtu, 15 Januari 2022 | 07:00 WIB
Ternyata Mudah, Ini Dia Tahapan Membuat EHAC Dari Aplikasi Peduli Lindungi

MOMSMONEY.ID - Untuk bisa melakukan aktivitas bepergian ke luar kota, para penumpang moda transportasi tentunya tetap dihimbau untuk mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Selain wajib melakukan vaksinasi dan melakukan swab antigen atau PCR, penumpang juga diwajibkan untuk melakukan pengisian e-HAC pada aplikasi Peduli Lindungi.

E-HAC adalah electronic-Health Alert Card yang wajib diisi penumpang sebelum melakukan perjalanan baik domestic maupun internasional.

Baca Juga: Surat Edaran Pelaksanaan Vaksinasi Booster Terbit, Ini Jenis dan Dosis Vaksinnya

Cara untuk membuat e-HAC pun juga mudah. Cukup membuka aplikasi Peduli Lindungi yang telah di download pada ponsel. Kemudian pada halaman menu awal pilih EHAC.

Setelah itu pilih buat e-HAC dan pilih jenis perjalanan yang akan dipilih, domestik atau internasional. Jika memilih perjalanan domestik maka akan tampil jenis sarana perjalanan yang akan digunakan.

Setelah memilih jenis moda transportasi yang akan digunakan, Anda akan langsung masuk pada sistem pengisian data dan informasi.

Isilah beberapa kolom yang disediakan sesuai dengan informasi yang diminta. Setelahnya Anda akan masuk pada pengisian kolom transportasi yang berguna melacak jenis transportasi dan tujuan yang akan dikunjungi.

Pastikan untuk mengisi seluruh kolom dengan informasi yang benar. Termasuk nama maskapai, bandara kedatangan dan keberangkatan, nomor penerbangan, nomor kursi, tanggal keberangkatan dan kedatangan serta alamat tujuan secara detail.

Baca Juga: Cermati Cara Mudah Ini Untuk Bedakan Peduli Lindungi Asli dan Screenshot

Setelah mengisi semua informasi yang diminta secara jelas maka Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Dimana Anda akan diminta untuk mengisi beberapa hal mengenai kesehatan Anda.

Apakah melakukan kontak dengan orang yang terkena Covid, merasakan gejala-gejala Covid, dan Negara yang pernah dikunjungi dalam 14 hari terakhir.

Jika sudah diisi secara lengkap maka kartu e-HAC Anda akan menunjukkan QR Code yang nantinya akan dipindai ketika tiba di bandara kedatangan sebagai salah satu syarat untuk memasuki kota atau Negara tersebut.

Pengisian e-HAC sendiri dapat dilakukan sebelum penerbangan atau keberangkatan berjalan. Sehingga ketika telah sampai di kota atau Negara tujuan Anda bisa langsung menunjukkan kode QR e-HAC untuk dipindai oleh petugas.

Nantinya hasil kartu e-HAC yang memiliki kode QR dapat ditemukan di menu e-HAC Peduli Lindungi pada kolom e-HAC saya.

Selanjutnya: Promo J.CO Mingguan sampai 16 Januari 2022, Paket Menarik untuk Donut dan Minuman

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru