HOME, Santai

Ternyata Mudah! Begini Cara Mencuci Matras Yoga Agar Terhindar dari Bakteri

Ternyata Mudah! Begini Cara Mencuci Matras Yoga Agar Terhindar dari Bakteri

MOMSMONEY.ID - Yoga merupakan olahraga yang membutuhkan matras untuk melakukan setiap gerakannya. Matras digunakan sebagai alas agar tubuh tidak mengenai lantai sehingga merasa lebih nyaman saat berolahraga.

Tentu keringat yang dihasilkan dalam satu sesi olahraga yoga juga banyak. Kondisi itu membuat matras menjadi salah satu tempat yang mudah dihinggapi bakteri. Bakteri dari keringat dan kegiatan di atas matras dapat menjadi salah satu sumber berkembangnya bakteri. 

Maka itu, penting untuk membersihkan matras secara rutin agar terhindar dari bakteri. Untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada matras, penggunaan desinfektan juga disarankan.

Baca Juga: Mengenal Petroleum Jelly, Produk yang Berlimpah Manfaat Buat Kulit

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan matras. 

Membersihkan secara rutin (Daily cleaning)

Kegiatan ini dapat Anda lakukan setiap kali Anda selesai menggunakan matras Anda untuk berolahraga. Anda bisa menggunakan cairan pembersih matras atau membuat sendiri cairannya. Cairan pembersih bisa menggunakan campuran sabun dan air. 

Menurut laman Yoga Outlet, gunakan bahan yang lembut untuk mengusap bagian matras agar tidak merusak matras. Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan sisa pembersih yang ada pada matras.

Pastikan untuk membersihkan kedua sisi matras yang Anda gunakan untuk berolahraga. Tunggu hingga kondisi matras benar-benar kering. Kemudian Anda bisa menggulung dan menyimpan kembali matras Anda.

Baca Juga: Apa Sih Tren Thrifting Itu? Yuk, Mengenal Lebih Jauh Tren yang Lagi Viral Ini!

Membersihkan secara menyeluruh (Deep Cleaning)

Jika Anda memiliki jadwal rutin untuk berolahraga, maka membersihkan matras dengan cara ini dapat Anda lakukan secara rutin sebulan sekali. Melansir dari laman Rei, rendam matras Anda dengan campuran sabun dan air hangat.

Pastikan untuk tidak menggunakan banyak sabun. Agar tidak terlalu banyak meninggalkan residu. Diamkan selama kurang lebih 5 menit. Kemudian Anda bisa menggosok kedua bagian matras secara lembut. 

Jangan lupa untuk memastikan untuk menggunakan kain gosok yang memiliki tekstur lembut sehingga tidak merusak matras. Terakhir, bilas matras Anda dengan menggunakan air hingga bersih. Lalu jemur hingga kering di bawah matahari.

Penggunaan mesin cuci tidak begitu disarankan untuk mencuci matras yoga. Karena beberapa materialnya ada yang tidak sesuai dengan mesin cuci. Ketika matras sudah mulai mengelupas maka ada baiknya untuk segera membeli matras baru. 

Selanjutnya: 5 Ide Desain Tangga Minimalis untuk Interior Rumah, Simpel dan Estetik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News