Santai

Ternyata, Melihat Matahari Terbit & Terbenam Bagus untuk Kesehatan Mental lo

Ternyata, Melihat Matahari Terbit & Terbenam Bagus untuk Kesehatan Mental lo

MOMSMONEY.ID - Ada hasil penelitian baru yang menunjukkan, melihat matahari terbit dan terbenam memiliki manfaat baik untuk kesehatan mental. 

Matahari terbit juga sering disebut dalam bahasa Inggris sunrise. Sementara matahari terbenam disebut sunset atau senja.

Nah, manfaat melihat matahari terbit di pagi hari dan terbenam di senja ternyata menjadi metode yang tepat untuk membuat diri merasa lebih baik, terutama saat sedang sedih. 

Baca Juga: Catat! Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Usus

Penelitian mengenai melihat matahari terbit dan terbenam bagus untuk kesehatan mental ini dipublikasi oleh Journal of Environmental Psychology.

Menurut penulisnya, melihat matahari terbit atau terbenam dapat meningkatkan sensasi kekaguman.

Akibat dari terdorongnya sensasi kekaguman ini, seseorang bisa mendapatkan suasana hati yang baik, serta perilaku sosial dan kesehatan mental yang lebih baik. 

Kesimpulan bahwa melihat matahari terbit dan terbenam memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mental ditemukan setelah penulis melakukan survei.

Mereka menampilkan gambar lingkungan perkotaan dan alam kepada lebih dari 2.500 peserta. Hasilnya, mereka mengatakan, foto yang menampilkan unsur matahari terbit dan tenggelam nampak lebih indah.

Baca Juga: Suka Makan Sushi? Ini 4 Tips Aman Mengonsumsi Makanan Mentah

Penulis jurnal tersebut juga menemukan bahwa foto yang mengandung unsur matahari terbit dan terbenam memicu peningkatan perasaan kagum pada para peserta tersebut. 

Tim penulis juga menunjukan gambar fenomena alam lain seperti pelangi, langit terang bulan, dan badai petir untuk melihat perbedaan persepsi jika dibandingkan dengan pemandangan di siang hari dengan langit biru yang cerah.  

Ternyata, mereka tetap memilih foto saat matahari terbit bukan di siang bolong. 

Penelitian ini juga menunjukkan, bangun di pagi hari untuk melihat matahari terbit atau jalan sore melihat matahari terbenam bisa menjadi salah satu upaya yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News