Ternyata, Kucing Tak Boleh Diberi Minum Susu Sembarangan

Sumber: All About Cats,The Spruce Pets
Selasa, 21 September 2021 | 15:35 WIB
Ternyata, Kucing Tak Boleh Diberi Minum Susu Sembarangan

ILUSTRASI. Kucing Ternyata Tak Boleh Diberi Minum Susu Sembarangan.

MOMSMONEY.ID - Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa kucing baik minum susu karena akan membuatnya menjadi lebih gemuk dan sehat. Namun, benarkah susu baik diminum kucing?

Ternyata kebaikan mengonsumsi susu bagi kucing adalah mitos loh, Mom. Susu bukanlah minuman yang baik atau aman untuk kucing, terutama susu sapi. Ini karena kandungan laktosa di dalam susu yang tak bisa dicerna kucing. Laktosa yang tak dapat dicerna akan menyebabkan kucing sakit perut, kram, dan diare parah.

Baca Juga: Kucing Mengalami Muntah Darah? Ini Beberapa Penyebabnya

Saat kecil, anak kucing mendapatkan satu-satunya nutrisi dari susu induknya. Anak kucing memiliki enzim laktase yang bertugas mencerna laktosa yang disebut juga sebagai gula susu. Maka, saat anak kucing meminum susu induknya, enzim lactase akan memecah susu menjadi glukosa dan galaktosa yang mudah diserap ke dalam aliran darah.

Dilansir dari Allaboutcats.com, setelah anak kucing disapih, mereka mulai memproduksi lebih sedikit lactase, sehingga menjadi intoleransi laktosa. Alih-alih memecah gula susu, anak kucing yang tetap diberi susu oleh pemiliknya sebagai ganti susu induknya, susu yang utuh akan pindah ke usus besar. Laktosa yang tak tercerna pun mulai berfermentasi, menarik air ke usus besar, dan menyebabkan gejala masalah pencernaan seperti kembung, diare, dan gas.

Kucing dewasa utamanya, sangat sensitif dengan susu. Meski mereka menyukai rasanya atau Anda memberikan dalam jumlah yang sedikit, susu tetap berbahaya. Sebab, Anda tak pernah tahu seberapa besar masing-masing kucing tak bisa toleran dengan laktosa.

Baca Juga: Nasi Boleh Diberikan Kepada Kucing, Asalkan Tidak Melebihi Ketentuan Ini

Kendati demikian, ada produk susu kucing yang diformulasikan khusus yang lebih cocok untuk pencernaan kucing, tetapi ini hanya sebagian dari nutrisinya bukan nutrisi utamanya. Kalori susu cukup tinggi, sehingga kucing yang gemuk dan sehat tak perlu lagi minum susu. Susu kucing umumnya lebih cocok dikonsumsi untuk anak kucing yang kehilangan induk atau kucing-kucing yang kekurangan nutrisi.

Lalu, apa minuman terbaik untuk kucing?

Dilansir dari Thesprucepets.com, alih-alih susu, cukup berikan kucing Anda air bersih. Air diperlukan secara teratur untuk membantu kucing tetap terhidrasi. Jika tampaknya kucing peliharaan tidak suka minum, Anda dapat membantu kebutuhan minumnya dengan makanan basah. 

Selanjutnya: Kenali 4 Penyebab Utama yang Bikin Bulu Hewan Peliharaan Rontok

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru