HOME, Santai

Ternyata Ini Loh 4 Penyebab Rambut Mudah Rontok! Simak Yuk!

Ternyata Ini Loh 4 Penyebab Rambut Mudah Rontok! Simak Yuk!

MOMSMONEY.ID - Rambut rontok menjadi salah satu permasalahan rambut rusak yang kerap dialami sebagian besar orang baik tua maupun muda. Kehilangan helai demi helai rambut tentunya membuat pusing sendiri. 

Hal tersebut juga bisa disebabkan karena rambut adalah bagian tubuh yang rentan mengalami kerusakan. Terpapar polusi dan sinar matahari adalah penyebab utama rambut menjadi rentan rusak dan rontok.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada penyebab lainnya rambut menjadi mudah rontok. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Minuman Kolagen untuk Kulit Cerah & Glowing, Menarik Dicoba!

Keturunan

Faktor keturunan atau genetik menjadi faktor penyebab yang paling sering terjadi dan dialami orang-orang yang mengalami masalah rambut rontok. Baik pada pria dan wanita, rambut rontok bisa terjadi jika ada keturunan yang memang memiliki riwayat rambut rontok.

Laman Mayo Clinic menjelaskan bahwa kondisi rambut rontok karena genetik ini disebut dengan androgenic alopecia. Biasanya orang dengan kondisi ini memiliki folikel rambut yang lebih sensitive terhadap hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan membuatnya menjadi mudah rontok.

Umur

Seiring bertambah tuanya umur, folikel rambut juga akan tumbuh secara melambat. Bahkan semakin lama folikel rambut juga akan berhenti memproduksi rambut baru dan membuat kulit kepala menjadi botak.

Hal tersebut akan menyebabkan rambut di bagian pangkal kepala menjadi tipis dan mudah rontok. Selain rontok, semakin tua maka warna alami rambut juga akan semakin berkurang yang juga disebabkan karena melemahnya folikel rambut.

Baca Juga: 4 Alasan Harus Mulai Makan Kurma Hari Ini, Siapkan Untuk Berbuka!

Stres

Melansir dari laman Everyday Health, kondisi emosional yang tidak stabil dan membuat pikiran stress bisa mengakibatkan rambut rontok secara sementara. Stress yang tidak bisa dikelola dengan baik akan meningkatkan kortisol yang membuat kartisol terhambat dan mati.

Maka dari itu ada baiknya untuk mengelola stress dengan baik agar rambut dapat kembali kuat. Sehingga akan mengurangi tingkat kerontokan rambut juga.

Perawatan rambut

Perawatan yang tidak cocok atau terlalu keras bagi rambut juga bisa mengakibatkan rambut kehilangan kekuatannya dan rontok. Shampoo yang tidak cocok dan mengandung surfaktan juga menjadi penyebab rambut mudah rontok.

Selain itu styling rambut dengan menggunakan alat panas juga dapat mengakibatkan rambut rontok. Karena panas pada alat styling bisa mengurangi vitamin pada rambut yang membuatnya menjadi tipis dan mudah rontok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News