Santai

Ternyata Ini Alasan Irlandia jadi Negara Terkaya di Dunia

Ternyata Ini Alasan Irlandia jadi Negara Terkaya di Dunia

MOMSMONEY.ID -  Baru-baru ini Global Finance mengumumkan bahwa Irlandia menjadi negara terkaya di dunia. Apa saja fakta-fakta yang membuat Irlandia jadi negara terkaya di dunia? 

Sebagai negara terkaya di dunia, GDP per kapita Irlandia sebesar US$ 145.196. GDP per kapita Irlandia bahkan mengalahkan Amerika Serikat dan Singapura. 

Irlandia sejak 2015 telah menjadi 5 negara terkaya di dunia. Pada 2015 Irlandia berada di urutan kelima di bawah Singapura. Di tahun 2018, Irlandia di urutan keempat. Kemudian di 2020 Irlandia berada di urutan ketiga. 

Baca Juga: Mulai 25 Mei, Beli Solar Subsidi di 234 Kota dan Kabupaten Pakai QR Code

Apa yang membuat Irlandia jadi negara terkaya di dunia?
Irlandia adalah negara dengan penduduk yang sedikit, negara ini hanya memiliki 5 juta penduduk. Negara Republik Irlandia ini sebenarnya merupakan salah satu negara yang paling besar terpukul dampak krisis finansial di 2008. 

Diikuti dengan langkah reformasi politik yang sulit seperti pemotongan gaji sektor publik dan restrukturisasi industri perbankan negara ini akhirnya bisa memulihkan kesehatan fiskalnya, meningkatkan lapangan kerja dan mengungkit pertumbuhan PDB per kapita secara eksponensial. 

Salah satu penyebab Irlandia jadi negara terkaya adalah Irlandia merupakan surga pajak yang menguntungkan perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional lebih banyak menikmati keuntungan dibanding penduduknya sendiri. 

Di pertengahan 2010, banyak perusahaan besar Amerika Serikat seperti Apple, Google, Microsoft, Meta dan Pfizer memindahkan tempat tinggal pajak mereka di Irlandia untuk mendapatkan tarif pajak yang rendah hanya sebesar 12,5%. 

Baca Juga: Simak 5 Cara Sederhana Menghilangkan Jerawat di Wajah

Di 2022, perusahaan multinasional ini menyumbang sekitar 56% dari total nilai ekonomi Irlandia. Naik dari tahun sebelumnya yaitu 53% menurut data dari Badan Pusat Statistik negara tersebut. Namun demikian, Irlandia berencana untuk menyelaraskan tarif pajak perusahaan minimal dengan standar global 15% di 2024. 

Pendapatan per kapita rumah tangga nasional sedikit lebih rendah dari pada rata-rata keseluruhan negara Uni Eropa berdasarkan data OECD. Dengan kesenjangan yang besar, 20% penduduk terkaya memiliki pendapatan hampir lima kali lipat dari 20% terbawah, banyak penduduk Irlandia kemungkinan besar akan menolak gagasan negara terkaya di dunia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News