HOME, Santai

Ternyata Ini 4 Penyebab Seseorang Menjadi Mudah Marah dan Emosi! Apa Saja?

Ternyata Ini 4 Penyebab Seseorang Menjadi Mudah Marah dan Emosi! Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Perasaan atau emosi yang meledak-ledak dan mudah marah tentunya bisa terjadi pada siapa pun dalam rentang usia berapa pun juga.

Banyak hal dan faktor yang ternyata bisa menjadi penyebab sekaligus pemicu seseorang menjadi mudah marah dan emosi.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa seseorang menjadi mudah emosi dan marah-marah.

Baca Juga: Awas! 5 Kebiasaan Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Perubahan hormon

Laman Health Line menjelaskan bahwa perubahan hormon merupakan faktor umum yang banyak menjadi penyebab seseorang menjadi mudah marah, terutama pada perempuan.

Perempuan yang sedang dalam siklus PMS dapat menjadi sensitif dan mudah terpicu oleh banyak hal kecil yang membuatnya mudah marah. Hal tersebut biasanya banyak terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa PMS dan haid bagi perempuan.

Trauma

Rasa marah dan emosi yang mudah meledak-ledak juga bisa disebabkan karena adanya trauma akan kejadian di masa lalu yang menakutkan.

Memori dari trauma tersebut dapat membentuk kepribadian seseorang yang berbeda ketika berada dalam situasi traumatis yang membuat emosi menjadi tidak stabil.

Baca Juga: Haid Saat Liburan? Tak Perlu Khawatir, Siapkan 4 Barang Ini Sebelum Berangkat!

Masalah kesehatan

Seseorang yang mudah marah dan emosi juga bisa dipicu oleh berbagai situasi dan permasalahan kesehatan.

Laman Better Health menjelaskan, bahwa beberapa masalah kesehatan seperti insomnia, depresi, anxiety, sakit kepala, darah tinggi, dan serangan jantung bisa menjadi faktor pemicu seseorang menjadi mudah marah.

Masalah pribadi

Rasa marah juga bisa dipicu karena adanya masalah pribadi yang memicu respon “fight or flight” respon pada seseorang. Respon tersebut muncul sebagai respon akan adanya situasi ketakutan, terkejut, maupun anxiety.

Masalah pribadi yang membuat seseorang berada dalam situasi tersebut bisa memicu rasa marah dan emosi tinggi, Terutama sebab orang tersebut merasa diserang, frustasi, tidak memiliki power, dan diperlakukan dengan tidak baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News