Santai

Ternyata Bisa Diatasi, Ini 5 Cara biar Terhindar dari Burnout

Ternyata Bisa Diatasi, Ini 5 Cara biar Terhindar dari Burnout

MOMSMONEY.ID - Rawan menimpa para pekerja kantor masa kini, berikut cara agar terhindar dari burnout yang bisa Anda lakukan.

Burnout merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah situasi di mana pikiran seseorang mengalami kelelahan mental yang besar.

Sebenarnya, burnout dapat diatasi dengan melakukan beberapa cara untuk meminimalisir gejalanya.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Mantan Menghubungi Kembali Setelah Putus

Namun, untuk mengatasinya tak bisa hanya satu atau dua hari saja. Butuh waktu beberapa hari untuk mengatasi burnout atau kelelahan mental ini.

Tips dan cara berikut ini bisa dicoba agar terhindar sekaligus mengatasi masalah burnout yang kerap melanda para pekerja dan orang-orang dengan aktivitas tinggi.

Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin juga bisa membantu untuk mengatasi burnout. Sebab, pada dasarnya olahraga dapat membantu untuk mengurangi stres pada pikiran.

Olahraga ringan hingga berat bisa dijadikan alternatif untuk melepaskan diri sejenak dari beban pikiran penyebab burnout. Sebagai bonusnya bahkan tubuh dan pikiran bisa menjadi sehat dan terhindar dari stres.

Lakukan aktivitas yang menenangkan

Banyak jenis aktivitas menenangkan yang tidak membutuhkan mobilitas tinggi untuk dilakukan. Seperti contohnya yoga dan meditasi yang keduanya bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi masalah burnout.

Laman Mayo Clinic menyarankan untuk mulai melakukan aktivitas yang menenangkan agar terhindar dari stres tinggi yang menyebabkan munculnya burnout.

Baca Juga: Apa Itu Hustle Culture? Salah Satu Penyumbang Burn Out Terbesar Bagi Pekerja

Carilah support

Support dari orang terdekat, seperti keluarga maupun teman, juga penting untuk mengatasi masalah burnout yang dirasakan.

Bicarakan masalah yang dirasa menjadi penyebab burnout pada orang yang tepat, yaitu orang yang bisa membantu mengurangi beban stres penyebab burnout.

Jika dirasa cara tersebut tidak cukup, maka berkonsultasi dengan ahli seperti psikolog atau psikiater bisa dijadikan opsi terakhirnya.

Miliki kontrol diri

Burnout merupakan situasi yang bisa merenggut seluruh kontrol diri dan menyebabkan rasa terpuruk. Melansir dari laman Health Line, mulailah untuk memiliki kontrol diri ketika berada situasi burnout.

Caranya, dapat dilakukan dengan mulai memiliki prioritas, menyertakan orang lain untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, meninggalkan pekerjaan di kantor, dan membagi waktu untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri.

Beristirahat

Jika dirasa mengalami kelelahan mental karena berbagai beban hidup atau pekerjaan yang menumpuk, ambillah waktu beberapa saat untuk beristirahat. Cara ini merupakan cara termudah untuk menenangkan pikiran dan terhindar dari burnout.

Jika memiliki waktu lebih, gunakan waktu tersebut untuk berlibur singkat ke tempat yang disukai atau yang menenangkan. Gunakan waktu tersebut untuk beristirahat sembari menata diri dan mental yang sedang mengalami burnout.

Nah, itulah tadi beberapa tips dan cara agar terhindar sekaligus mengatasi burnout. Jangan lupa dicoba, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News