HOME, Santai

Ternyata Bermanfaat Bagi Pria dan Wanita, Simak Manfaat Olahraga Kegel Berikut Ini!

Ternyata Bermanfaat Bagi Pria dan Wanita, Simak Manfaat Olahraga Kegel Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Olahraga adalah aktivitas yang bisa membantu untuk menjaga postur dan kesehatan tubuh seseorang. Banyak juga manfaat lain yang bisa diperoleh dari melakukan olahraga secara rutin.

Termasuk juga olahraga kegel. Olahraga kegel adalah olahraga yang memusatkan gerakannya pada otot-otot di area pelvis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari rutin melakukan olahraga kegel yang baik bagi pria dan perempuan.

Baca Juga: Ingin Jago Berciuman? Coba Ikuti 4 Tips Berciuman dengan Benar Ini Yuk!

Manfaat yang pertama adalah olahraga kegel bisa membantu perempuan untuk recovery dari proses melahirkan

Melansir dari laman Intimate Rose, baik melahirkan dengan normal maupun caesar, proses melahirkan sendiri akan membuat otot-otot pada area pelvis menjadi kendur. 

Namun tak perlu takut, otot tersebut dapat kembali menjadi kencang sama seperti otot-otot lainnya. Caranya tentu saja dengan rutin melakukan olahraga yang melatih kekuatan otot di area pelvis, seperti olahraga kegel.

Selain itu, manfaat lain yang bisa diperoleh dari rutin melakukan olahraga kegel adalah dapat membantu mengatasi permasalahan kandung kemih yang tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini 5 Makanan Diet untuk Anak yang Obesitas

Olahraga kegel juga memiliki manfaat baik dalam membantu mengatasi permasalahan kandung kemih yang tidak bekerja dengan normal. Kandung kemih juga termasuk organ yang berada pada area pelvis yang ditunjang oleh otot pelvis.

Ketika otot pada area tersebut sudah kendur dan tidak lagi kencang, maka resiko kandung kemih bocor bisa terjadi. Di sinilah peran olahraga kegel dapat diandalkan karena olahraga kegel akan membantu untuk mengencangkan kembali otot-otot pelvis yang kendur.

Laman Mayo Clinic menjelaskan bahwa pada pria, olahraga kegel ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam memperkuat otot pada area pelvis. Dimana otot tersebut adalah otot yang memiliki fungsi penting dalam menunjang kandung kemih, usus, dan juga fungsi seksual.

Olahraga kegel juga merupakan olahraga yang mudah dilakukan oleh siapa pun dan dimana pun. Jika penasaran dengan cara melakukan olahraga kegel yang benar dan ingin mencoba melakukan olahraga kegel, latihannya pun sudah bisa ditemukan dengan mudah di Youtube.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News