HOME, Santai

Ternyata Beda! Ini Dia Bedanya Iced Coffee dan Cold Brew

Ternyata Beda! Ini Dia Bedanya Iced Coffee dan Cold Brew

MOMSMONEY.ID - Pecinta kopi pasti sudah tidak asing dengan cold brew maupun ice coffee. Dua minuman dingin dengan berbahan dasar kopi tersebut memiliki kesegaran saat diminum. 

Bagi kaum awam yang baru mengenal kopi tentunya belum mengerti bahwa kedua minuman tersebut memiliki perbedaan. Walaupun sama sama disajikan dingin, namun dari cara pembuatannya, kedua minuman ini memiliki perbedaan.

Berikut ini perbedaan yang perlu Anda ketahui tentang cold brew dan iced coffee.

Baca Juga: Pecinta Kopi Harus Tahu 5 Manfaat Kafein untuk Tubuh

Cold brew

Minuman kopi yang satu ini merupakan minuman kopi yang ringan dan cocok jika ingin dikonsumsi kaum awam. Cold brew ini dibuat dengan metode perendaman. Kopi akan direndam dengan air biasa dengan suhu ruangan maupun air dingin dalam waktu minimal 8 jam.

Yang membuat minuman dingin ini berbeda adalah karena keasaman dalam kopi ini yang keluar karena suhu panas, tidak ikut terekstrak. Namun tentunya tetap mengeluarkan karakter rasa yang juga istimewa.

Jika ingin membuatnya, Anda bisa menggunakan kopi dengan gilingan medium to coarse. Kemudian campurkan kopi tersebut dengan air dingin atau air dengan suhu ruangan. Diamkan campuran tersebut selama 8 hingga 12 jam dalam kulkas. Maka cold brew Anda sudah bisa Anda nikmati.

Baca Juga: Mengenali Karakteristik Kopi Nusantara yang Berbeda-beda

Iced coffee

Iced coffee atau es kopi ini pembuatannya sama dengan pembuatan manual brew pada umumnya. Anda bisa menambahkan es pada kopi yang telah Anda seduh sebelumnya dengan air panas.Seduhan ala Japanese juga biasanya disukai untuk alternative minuman es kopi ini. 

Japanese adalah metode penyeduhan langsung kopi pada server yang telah berikan es batu. Penyeduhan ini secara langsung akan menuangkan kopi di atas es batu. Yang membuatnya memiliki hasil rasa yang lebih bitter dan full bodied. 

Untuk membuat es kopi yang memiliki rasa seimbang, pastikan takaran kopi dan es batu juga seimbang. Biasanya es kopi dengan es batu akan membuatnya watery. Sehingga jika ingin membuat rasanya lebih intense, Anda bisa menambahkan jumlah bubuk kopi yang Anda gunakan dalam proses penyeduhan. 

Nah setelah mengetahui perbedaannya semoga tidak kebalik ya ketika Anda ingin membuat atau memesan minuman es kopi Anda.

Selanjutnya: Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memperburuk Anxiety, Yuk Cari Tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News