HOME, Keluarga

Terlihat Klasik, Berikut Inspirasi Desain Plafon Rumah Berbahan Kayu

Terlihat Klasik, Berikut Inspirasi Desain Plafon Rumah Berbahan Kayu

MOMSMONEY.ID - Dari beragam bahan plafon rumah yang tersedia, kayu termasuk yang cukup populer. Plafon kayu biasanya dibentuk dari papan atau balok yang disusun sedemikian rupa.

Kayu sendiri termasuk material bangunan yang cukup versatile alias fleksibel. Ketika digunakan sebagai plafon, kayu dapat memberikan kesan rustic, klasik, bahkan modern. Jadi, plafon kayu cocok digunakan pada hampir semua gaya interior rumah.

Nah, berikut ini ada beberapa inspirasi desain plafon kayu yang bisa Anda contek di rumah. Yuk, tengok di bawah!

Baca Juga: 5 Ide Penggunaan Warna Oranye di Ruang Keluarga, Cerah dan Segar

Kesan modern yang nyaman

Seperti yang sudah disebutkan di atas, plafon kayu dapat memberikan kesan modern yang nyaman pada rumah minimalis atau kontemporer.

Interior rumah di atas didominasi dengan warna-warna muda, seperti krem, abu-abu, dan putih. Untuk melengkapinya, plafon kayu berwarna coklat muda yang disusun dengan model beam dapat memberikan sentuhan akhir yang modern dan simpel.

Papan kayu yang elegan

Untuk kesan ruangan yang minimalis, coba gunakan plafon kayu dalam bentuk panel atau papan. Selain memberikan kesan simpel, plafon papan kayu juga dapat memberikan kesan elegan yang hangat ke dalam rumah.

Contohnya seperti interior rumah di atas, yang menggunakan papan kayu warna coklat tua yang hangat sebagai plafon.

Untuk mengimbangi warna gelap dari plafon, dinding dan lantai rumah menggunakan warna putih dan abu-abu yang cerah. Sebagai pelengkap, ada pintu dan furnitur kayu dengan warna coklat yang sama dengan plafon.

Baca Juga: 4 Inspirasi Rumah dengan Dekorasi Retro, Perpaduan Gaya Klasik dan Modern yang Keren

Tradisional dan rustic

Salah satu alasan utama pemilik rumah menggunakan plafon kayu adalah untuk menghadirkan kesan tradisional dan rustic ke dalam rumah. Umumnya, rumah yang dipasangi plafon kayu seperti ini memiliki tema farmhouse, vintage, atau industrial.

Untuk menghadirkan kesan rustic tersebut, plafon yang digunakan biasanya berupa balok kayu dengan finishing yang natural seperti gambar di atas. Sebagai pelengkap, lampu dan furnitur dengan kesan yang klasik dan vintage pun ditambahkan pada ruangan tersebut.

Tegas dan hangat

Plafon kayu dapat menghadirkan kesan hangat ke dalam ruangan, apalagi jika interiornya didominasi dengan warna-warna yang sama hangatnya.

Contohnya seperti interior rumah di atas. Bagian lantai dan plafonnya sama-sama menggunakan kayu, sehingga menimbulkan efek yang hangat dan klasik.

Warna putih krem yang hangat digunakan sebagai penyeimbang pada dinding dan beberapa pernak-pernik rumah. Supaya ada kesan tegas, ada tambahan aksen berupa warna hitam pada beberapa titik.

Selanjutnya: Mengenal Gaya Dekorasi French Country yang Klasik dan Elegan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News