HOME, Keluarga

Terlihat Elegan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Furnitur Rumah Berbahan Kaca

Terlihat Elegan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Furnitur Rumah Berbahan Kaca

MOMSMONEY.ID - Salah satu hal yang biasanya diperhatikan saat akan membeli furnitur adalah bahannya. Anda bisa menemukan furnitur yang terbuat dari kayu, besi, akrilik, plastik, dan kaca.

Setiap bahan furnitur memiliki karakteristik dan kesan khas, misalnya furnitur kayu yang identik dengan kesan klasik dan furnitur plastik yang disukai karena ringan.

Jika Anda ingin furnitur dengan kesan elegan, Anda bisa mencoba menggunakan furnitur berbahan kaca. Material ini memang memiliki tampilan yang mengilat dan halus, sehingga dapat memberikan kesan berkelas.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Meja Dapur Berbahan Granit, Yuk Coba!

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli furnitur berbahan kaca, yuk kenali dulu kelebihan dan kekurangan bahan furnitur yang satu ini!

Kelebihan Furnitur Kaca

Terlihat elegan dan mewah

Salah satu keuntungan furnitur kaca yang paling kentara adalah tampilannya yang terlihat elegan dan mewah. Dikutip dari laman Frances Hunt, furnitur kaca yang terlihat mengilat dan halus akan terlihat sangat cocok untuk rumah bergaya modern dan kontemporer.

Memberi kesan ruangan yang lebih luas

Furnitur kaca terkenal dengan permukaannya yang tembus pandang. Hal ini akan menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas, karena furnitur kaca tidak akan memblokir pandangan Anda dan memberi kesan adanya ruang kosong di rumah. Jadi, furnitur kaca akan cocok digunakan di ruangan yang cenderung sempit dan kecil.

Menonjolkan material lain di suatu ruangan

Selain dua kelebihan di atas, salah satu kelebihan furnitur kaca yang tak boleh dilewatkan adalah kemampuannya untuk membuat material lain di suatu ruangan lebih menonjol, misalnya kayu atau marmer. Hal ini akan membuat interior rumah Anda lebih estetik.

Baca Juga: 5 Kesalahan Menggunakan Warna pada Dekorasi Rumah, Yuk Hindari!

Kekurangan Furnitur Kaca

Perlu perawatan telaten

Mengutip laman getrit.com, kekurangan furnitur kaca yang cukup mengganggu adalah mudah kotor akibat bekas tangan, noda, atau debu, sehingga perlu dirawat secara telaten. Supaya furnitur kaca selalu terlihat cantik, Anda perlu membersihkannya dengan air atau cairan pembersih khusus kaca dengan rutin.

Baca Juga: Tips Feng Shui untuk Dekorasi Rumah Berwarna Biru, Seperti Apa?

Rawan pecah

Kaca termasuk material yang rapuh karena mudah retak dan pecah, bahkan kaca yang tebal sekalipun. Jika retak dan pecah, furnitur kaca tentu akan membahayakan Anda dan penghuni rumah, khususnya hewan peliharaan dan anak-anak. Jadi, furnitur kaca perlu diperlakukan dengan hati-hati agar tidak mudah retak dan pecah.

Harganya relatif mahal

Jika dibandingkan dengan material lainnya, furnitur berbahan kaca cenderung memiliki harga yang relatif lebih mahal. Apalagi, jika Anda ingin mendapatkan furnitur kaca yang berkualitas dan tahan banting, harganya tentu akan lebih mahal lagi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan furnitur kaca yang perlu diketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News