Bugar

Terlalu Stres Bekerja? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

Terlalu Stres Bekerja? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

MOMSMONEY.ID - Para pekerja kerap dihadapkan pada berbagai tantangan di dunia kerja. Tidak heran bila ada banyak pekerja yang akhirnya menjadi stres akibat terlalu sibuk bekerja.

Mulai dari banyaknya pekerjaan dengan tenggat waktu yang singkat, tuntutan untuk menjadi dinamis serta bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang ada, dan lain-lain.

Menurut Hellriegel, D., & Slocum, stres kerja adalah perasaan berbentuk ketegangan pada fisik yang dirasakan oleh seseorang, karena terdapatnya tuntutan yang melebihi kemampuan dirinya. 

Baca Juga: Ini 3 Gejala Gangguan Tidur yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter

Namun, penyebab stres yang dialami oleh para pekerja muda ternyata bisa berbeda, dengan stres yang dialami oleh orang dewasa. Hal itu karena terdapat perkembangan psikososial yang berbeda antara orang dewasa muda dan tua.

Sebuah studi yang meneliti 18 orang pekerja muda yang berusia 17-29 tahun menemukan, bahwa para pekerja muda memandang stres kerja sebagai akibat dari tiga hal.

Di dalamnya termasuk kurangnya kesempatan belajar, interaksi sosial yang buruk, dan kurangnya kesempatan untuk melakukan inisiatif. Salah satu dampak buruk stres pada kesehatan fisik adalah munculnya masalah lambung.

Ketika seseorang mengalami stres, sistem saraf simpatik, yaitu bagian dari sistem saraf otonom tubuh yang mengatur fungsi tubuh seperti detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah, merespons dengan mengaktifkan respons “fight or flight“. 

Respons tersebut membuat hormon stres kortisol dilepaskan, sehingga membuat tubuh waspada dan siap menghadapi ancaman.

Baca Juga: Ini Gejala Stres pada Remaja yang Harus Diwaspadai

Ketika stres mengaktifkan respons “fight or flight” di sistem saraf pusat, hal itu bisa memengaruhi sistem pencernaan dengan:

1. Menyebabkan spasme otot di kerongkongan

2. Meningkatkan asam di perut, yang menyebabkan sakit maag

3. Membuat Anda merasa mual

4. Menyebabkan diare atau sembelit

Pekerjaan yang menumpuk dan deadline di depan mata membuat para pekerja cenderung melewatkan jadwal makan, mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat, dan mengonsumsi kafein secara berlebih. 

Semuanya itu berkontribusi pada kambuhnya sakit maag dan gangguan pencernaan lain. Jadi, penting untuk mengendalikan stres dengan baik guna mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News