HOME, Keluarga

Terkenal Canggih, Ini Kelebihan dan Kekurangan Robot Vacuum Cleaner

Terkenal Canggih, Ini Kelebihan dan Kekurangan Robot Vacuum Cleaner

MOMSMONEY.ID - Di zaman modern seperti sekarang ini, Anda bisa menemui beragam jenis vacuum cleaner yang tersedia di pasaran, misalnya model stick, handheld, cordless, hingga robot vacuum cleaner.

Robot vacuum cleaner merupakan salah satu jenis vacuum cleaner yang cukup populer. Pasalnya, vacuum cleaner ini termasuk paling canggih di antara produk sejenisnya sehingga menawarkan berbagai kemudahan dan kepraktisan dalam membersihkan rumah.

Dengan segala kecanggihannya, alat yang satu ini tentu menarik untuk dibeli. Namun, robot vacuum cleaner tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan membawa pulang alat ini ke rumah.

Dirangkum dari Forbes, Choice Australia, dan How to Home, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan robot vacuum cleaner yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Tips Memilih Karpet Lantai yang Tepat untuk Rumah Anda, Yuk Catat!

Kelebihan Robot Vacuum Cleaner

Hemat tenaga

Salah satu kelebihan robot vacuum cleaner adalah mesinnya bisa bekerja sendiri tanpa harus dioperasikan secara manual oleh penggunanya. Anda tinggal menyalakan tombol daya pada robot vacuum cleaner atau menggunakan aplikasi, dan alat ini akan melakukan tugasnya.

Bahkan, Anda tidak perlu repot-repot mengembalikan robot vacuum cleaner ke tempatnya semula, karena alat ini bisa “pulang” sendiri ke tempat penyimpanannya.

Fitur-fitur yang canggih

Robot vacuum cleaner memiliki beragam fitur canggih yang terasa futuristik, seperti keberadaan program untuk membersihkan rumah secara terjadwal, mengingat denah rumah, atau kemampuan untuk mengontrol alat lewat aplikasi.

Fitur-fitur tersebut tentu sangat membantu Anda yang sering lupa membersihkan rumah atau sering melewatkan area tertentu di rumah, karena semuanya bisa dilakukan oleh si robot tanpa kendala.

Dapat membersihkan area yang sulit dijangkau

Vacuum cleaner yang dioperasikan secara manual kadang sulit menjangkau tempat sempit dan rendah seperti kolong meja dan kursi. Jika sudah begini, mau tidak mau Anda harus mengangkat dan memindahkan furnitur, atau membungkuk untuk menjangkau tempat tersebut.

Karena berukuran ramping dan pipih, robot vacuum cleaner  pun dapat menjangkau area-area tersebut dengan mudah tanpa harus mengangkat atau memindahkan furnitur. Anda pun tidak perlu khawatir mengalami sakit punggung karena terlalu sering membungkuk.

Baca Juga: Mau Beli Vacuum Cleaner Portable? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Robot Vacuum Cleaner

Harganya cenderung mahal

Mungkin bukan rahasia lagi bila harga robot vacuum cleaner cukup mahal. Dengan fitur dan inovasi yang ditawarkan, harga robot vacuum cleaner cenderung lebih tinggi dari vacuum cleaner model konvensional.

Untuk mendapatkan robot vacuum cleaner yang berkualitas, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 2 juta hingga Rp 10 juta, tergantung spesifikasi dan tingkat kecanggihannya.

Kurang membersihkan lantai dengan efektif

Walaupun canggih, sebenarnya robot vacuum cleaner kurang bisa diandalkan untuk membersihkan lantai rumah secara menyeluruh. Data dari Choice Australia menunjukkan bahwa keefektifan robot vacuum cleaner dalam membersihkan lantai berkisar di angka 87%.

Jadi, pilihlah robot vacuum cleaner dengan kualitas terbaik sesuai budget Anda supaya daya hisap dan daya bersihnya lebih maksimal.

Mudah tersangkut

Robot vacuum cleaner memang praktis dan bisa ditinggal begitu saja, namun adakalanya alat ini macet karena tersangkut di area sempit atau tidak sengaja mengisap sesuatu yang menghalangi kinerjanya.

 Jadi, Anda perlu memastikan bahwa permukaan lantai bebas dari benda-benda yang bisa menghalangi jalur robot vacuum cleaner. Singkirkan barang-barang kecil seperti kaus kaki, mainan, bahkan makanan hewan peliharaan dari lantai agar tidak tersedot secara tidak sengaja.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan robot vacuum cleaner. Jangan lupa untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum membeli, ya!

Selanjutnya: Simak, Ini 6 Tips Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News