ads

Tergolong Apartemen Mewah, Kenali Konsep Penthouse dan Keunggulannya!

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 07 Januari 2022 | 16:51 WIB
Tergolong Apartemen Mewah, Kenali Konsep Penthouse dan Keunggulannya!

ILUSTRASI. Contoh interior apartemen penthouse dari Opus Park.


MOMSMONEY.ID - Jika Anda sering membaca referensi seputar apartemen, mungkin pernah mendengar tipe apartemen penthouse atau griya tawang. Walaupun bukan sesuatu yang asing di Indonesia, nyatanya masih banyak orang yang belum memahami konsep hunian yang satu ini.

Umumnya, orang-orang mengenal tipe apartemen studio dan apartemen dengan berbagai jumlah kamar. Nah, penthouse adalah tipe apartemen paling tinggi, sehingga desain dan fasilitasnya tergolong mewah.

Penasaran dengan serba seri dari tipe apartemen mewah ini? Yuk, simak ulasan berikut!

Baca Juga: Apartemen vs Rumah Susun, Apa Saja Perbedaannya?

Pengertian penthouse

Dilansir dari Pinhome, penthouse adalah tipe apartemen yang terletak di lantai paling atas sebuah gedung apartemen. Berbeda dengan tipe apartemen lainnya, unit penthouse tergolong eksklusif dan mewah, serta memiliki jumlah unit yang terbatas di setiap gedung apartemen.

Jadi, jika suatu apartemen memiliki tiga rooftop, maka kemungkinan akan ada tiga penthouse di apartemen tersebut.

Walaupun tergolong tipe apartemen, pada dasarnya penthouse memiliki penampilan yang hampir mirip dengan rumah tapak, karena memiliki banyak ruangan. Jika luasnya dihitung, rumah tapak memiliki ukuran minimal 300 meter persegi.

Selain memiliki kesan elegan dan ukuran yang luas, penthouse biasanya juga memiliki teras pribadi yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan dari atas apartemen. Tak hanya itu, penghuni penthouse juga memiliki akses lift pribadi, lo.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen yang Wajib Dipahami

Kelebihan penthouse

Tentu apartemen tipe penthouse memiliki sederet kelebihan. Mengutip Prospeku.com dan Rumah.com, berikut beberapa keuntungan dari penthouse:

  • Interior yang berkelas dan elegan, sehingga memberi kesan hunian yang mewah.
  • Pencahayaan dan ventilasi yang lebih baik karena memiliki jendela berukuran besar dan terletak di puncak gedung apartemen.
  • Kebebasan menata dan mendekorasi ruangan dengan lebih fleksibel, karena ukuran ruangan di dalam penthouse yang sangat luas dan lapang.
  • Nilai investasi yang tinggi, karena nyaris tidak pernah kekurangan peminat walaupun harganya tergolong mahal.
  • Fasilitas berkelas dan mewah, seperti teras yang luas, pemandangan indah, lift pribadi, hingga kolam renang.

Baca Juga: Ingin Pindah ke Rumah Cluster? Simak Tips Memilihnya di Sini

Kekurangan penthouse

Di balik semua kelebihan dan kemewahannya, penthouse masih memiliki beberapa kekurangan. Hal ini tentu bisa menjadi bahan pertimbangan bila Anda sewaktu-waktu ingin menghuni penthouse.

Berikut beberapa kekurangannya:

  • Harganya sangat mahal, sehingga peminatnya cenderung lebih sedikit dibandingkan jenis hunian dan properti lainnya. Selain itu, target pasarnya juga hanya menyasar golongan tertentu.
  • Biaya perawatan cukup mahal, karena ukuran unit tergolong besar. Selain itu, penthouse juga rentan mengalami kerusakan sehingga Anda harus menyiapkan dana lebih untuk memperbaikinya.
  • Lebih mudah terpapar panas dan udara karena lokasinya terletak di puncak apartemen. Jadi, beberapa fasilitas khusus seperti teras kemungkinan tidak bisa digunakan secara maksimal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER