Keluarga

Terganggu Dengan Bau Asap Di Ruangan? Begini Cara Menghilangkannya!

Terganggu Dengan Bau Asap Di Ruangan? Begini Cara Menghilangkannya!

MOMSMONEY.ID - Meski Anda menikmati aroma asap saat memasak steak atau cerutu yang harum, asap yang mengisi ruangan akan segera berbau tak sedap. Mungkin Anda berpikiran untuk memberikan pengharum ruangan saja sudah cukup.

Faktanya, jika Anda perhatikan pengharum ruangan hanya bisa menghilangkan bau asap sementara.  Lalu bagaimana cara menghilangkan aroma asap yang menyebar di ruangan? 

Sebelumnya, kita pelajari terlebih dahulu apa yang membuat aroma asap mudah tertinggal di ruangan. Bau asap yang melekat disebaban oleh partikel kecil abu, nikotin, atau minyak goreng yang mengendap di permukaan. 

Baca Juga: Tak Hanya Garam, Ini 6 Bahan Pengawet Alami Makanan yang Jarang Diketahui

Namun Anda tak perlu khawatir. Selain karena adanya kebakaran di rumah, ada cara mudah untuk menghilangkan bau asap di ruangan atau di rumah Anda. 

Cara menghilangkan aroma asap di ruangan dengan cuka dan soda kue

  1. Buka semua jendela dan pintu untuk meningkatkan perputaran udara di ruangan sesegera mungkin setelah mencium aroma asap. 
  2. Nyalakan juga kipas angin jika Anda memilikinya.
  3. Buang abu yang ada di asbak atau sisa abu lainnya yang ada di dalam rumah.
  4. Tuangkan sulingan cuka putih di beberapa mangkok dan taruh di beberapa sudut ruangan. Cuka putih akan membantu Anda menyerap bau asap.
  5. Cuci semua aksesoris yang ada di ruangan seperti bantal, gorden atau kasur. Tambahkan soda kue pada air yang Anda gunakan untuk mencuci.
  6. Taburkan soda kue pada furnitur dan karpet Anda. Gosok dengan bulu halus kemudian diamkan 4-8 jam. Jika sudah, bersihkan soda kue dengan vacuum cleaner. 

Cara menghilangkan aroma asap yang menempel di dinding

  1. Gunakan kemoceng serat microfiber untuk mengelap dinding. 
  2. Campurkan satu sendok teh pembersih serbaguna dengan setengah cangkir soda kue di dalam satu liter air hangat.
  3. Siapkan ember kedua yang diisi air bersih.
  4. Basahi spons atau kain microfiber ke campuran yang telah Anda buat tadi kemudian lap dinding dari atas ke bawah.
  5. Jika semua dinding telah Anda bersihkan, lap kembali dengan spons yang bersih untuk mengeringkan dinding dengan air bersih. 

Baca Juga: Begini 2 Cara Mengembalikan Akun Mobile Legends Anda yang Hilang
Demikian cara menghilangkan aroma asap di ruangan. Setelah Anda melakukan langkah di atas, Anda bisa menggunakan pengharum kain untuk membuat ruangan jadi lebih harum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News