CLOSE [X]
ads

Terganggu Bau Badan Kucing Tidak Sedap? Ini 5 Kemungkinan Sumber Baunya

Sumber: The Spruce Pets
Minggu, 15 Mei 2022 | 14:00 WIB
Terganggu Bau Badan Kucing Tidak Sedap? Ini 5 Kemungkinan Sumber Baunya


MOMSMONEY.ID - Kucing adalah hewan yang rajin membersihkan diri, tetapi itu tidak cukup untuk mengatasi baunya yang khas. Meski terkadang mandi air dapat mengatasinya, tetapi bau tidak sedap bisa kembali lagi.

Kendati bau badan kucing tidak berbahaya dan mudah diatasi dengan mandi air, tetapi bisa berarti ada masalah kesehatan, lo. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Cara terbaik untuk mengetahui mengapa kucing Anda berbau tidak sedap adalah dengan menentukan sumber baunya, seperti dilansir dari The Spruce Pet.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Minum Air Mancur untuk Kucing dan Anjing

Mulut

Beberapa orang menganggap bahwa bau mulut atau halitosis pada kucing adalah hal yang normal. Ini karena bau mulut dapat disebabkan oleh apa yang dimakan kucing. Namun, bau mulut yang terus menerus biasanya juga merupakan tanda masalah kesehatan. Misalnya, penyakit gigi, bisul, atau luka di mulut. Bakteri di mulut dapat memperburuk keadaan ini dan membuat mulut kucing berbau busuk. Bau mulut juga dapat berkembang dengan penyakit ginjal parah atau diabetes yang tidak diatur. Bau mulut ini tentu membuat kucing Anda sendiri merasa tidak nyaman karena baunya.

Kulit

Jika bau tidak sedap kucing tercium dari seluruh tubuhnya, maka kulit dan bulunya adalah sumber masalahnya. Mandi air dengan sabun khusus kucing sebenarnya sudah cukup membantu menghilangkan bau. Namun, sebaiknya Anda tetap memeriksa kulit dan bulutnya, karena bau biasanya disebabkan oleh infeksi kulit.

Bagian Belakang

Bau tidak sedap atau busuk pada kucing dapa berasal dari daerah di sekitar pangkal ekor, kemungkinan besar ada masalah di sekitar anusnya. Ini bisa jadi karena kucing sedang mengalami diare, sembelit, atau kelenjar anal. Kelenjar anal adalah kantung kecil yang terletak tepat di luar anus kucing. Ini mengandung cairan berminyak, busuk, agak berbau amis yang biasanya ikut keluar saat buang air besar. Dalam beberapa kasus, kelenjar anal dapat meradang, terinfeksi, atau terkena dampak.

Baca Juga: 4 Penyebab Telinga Kucing Bau Tidak Sedap

Telinga

Ini adalah bau yang paling tajam, selain bau mulut. Bau pada telinga kucing bisa disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari ragi, bakteri, atau tungau telinga kucing. Tanda-tandanya kucing sering menggaruk di dekat bagian telinga, menggelengkan kepala, dan telinga kucing berbau busuk.

Masalah Urin

Urin kucing memiliki bau seperti amonia yang kuat dan biasanya membuat bau lebih buruk ketika ada masalah. Salah satunya infeksi saluran kemih yang dapat menyebabkan urin berbau busuk. Selain itu juga inkontinensia atau ketidakmampuan mengontrol buang air kecil yang dapat menyebabkan kucing berbau urin. Anda dapat mengonsultasikan masalah ini kepada dokter hewan untuk menentukan penyebab lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru