HOME, Keluarga

Terapkan 7 Tips Ini untuk Membantu Anak Remaja Anda Menyelesaikan Masalahnya

Terapkan 7 Tips Ini untuk Membantu Anak Remaja Anda Menyelesaikan Masalahnya

MOMSMONEY.ID - Anak remaja identik dengan gejolak emosi dan tantangan. Sehingga, tidak heran jika kehidupan anak remaja kerap diterpa dengan berbagai masalah entah itu berkaitan dengan kehidupan akademis atau pun pertemanan.

Sebagai orang tua, tidak bijak jika Anda berusaha menyelesaikan semua masalah yang sedang dihadapi oleh anak remaja Anda. Pasalnya, anak perlu menghadapi masalahnya sendiri guna belajar mengatasi situasi yang menantang sekaligus berlatih untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan kuat.

Situasi yang menantang mungkin akan membuat anak remaja Anda merasa tidak berdaya. Oleh sebab itu, keterampilan problem-solving atau memecahkan masalah perlu Anda ajarkan kepada anak remaja Anda sedini mungkin. Selama proses pemecahan masalah berlangsung, Anda juga tetap bisa membantu anak remaja Anda untuk menyelesaikan masalahnya dengan menerapkan 7 tips berikut ini yang dilansir dari MomJunction.

Baca Juga: Tak Perlu Sedot Lemak, Ini 5 Cara Alami Mengurangi Lemak Wajah

1. Identifikasi masalah anak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membantu anak remaja Anda menyelesaikan masalahnya adalah mengajarkan mereka untuk mengidentifikasi masalah tersebut.

Tanyakanlah kepada anak tentang situasi saat ini dan apa yang mereka inginkan ke depannya. Plus, dorong anak untuk mendekati masalahnya dengan sikap yang positif.

2. Arahkan anak untuk fokus pada masalah

Arahkanlah anak remaja Anda untuk fokus pada masalah yang sedang mereka hadapi, bukan pada emosi atau orang yang terlibat di dalamnya.

Dengan begini, Anda akan membantu anak menghadapi masalahnya dengan berani daripada menderita dalam kecemasan dan frustasi.

3. Ajarkan anak untuk mendengarkan

Mendengarkan merupakan aspek yang sangat penting dalam keterampilan memecahkan masalah.

Oleh sebab itu, ajarkanlah anak remaja Anda untuk mendengarkan segala masukan yang mereka dapatkan secara saksama alih-alih berdebat atau menolaknya mentah-mentah. Mula-mula, tunjukkanlah contoh dari perilaku ini secara langsung melalui diri Anda sendiri.

4. Bantu anak untuk menghasilkan solusi

Duduklah bersama anak remaja Anda dan dorong mereka untuk memikirkan semua cara yang memungkinkannya memecahkan masalah yang sedang dihadapi dengan baik.

Minta anak Anda untuk merenungkan pengalamannya selama krisis di waktu-waktu sebelumnya. Ini akan memungkinkan anak menemukan berbagai solusi.

Beberapa anak remaja mungkin tidak realistis. Jadi, biarkan anak Anda mengeksplorasi kemampuan kreatifnya untuk memecahkan masalah.

5. Evaluasi solusi

Ajarkanlah anak remaja Anda untuk mengevaluasi pro dan kontra dari setiap solusi yang mereka temukan. Minta anak untuk membayangkan apa yang sekiranya akan terjadi ketika mereka mencoba sebuah solusi.

Plus, bantu juga anak remaja Anda untuk menghilangkan pilihan solusi yang cenderung negatif alih-alih positif. Ini akan membantu anak memilah solusi yang paling menjanjikan untuk membantunya menyelesaikan masalah dengan efektif.

6. Minta anak untuk mempraktikkan idenya

Selanjutnya, beri tahulah kepada anak remaja Anda untuk menerapkan ide yang dapat menyelesaikan krisis mereka. Dorong anak untuk memberikan hasil yang terbaik sesuai dengan ide dan kemampuannya.

Selama waktu-waktu ini, biarkanlah anak Anda memecahkan masalahnya sendiri secara mandiri tanpa banyak intervensi dari Anda.

7. Evaluasi hasilnya

Terakhir, lakukanlah evaluasi terhadap hasil dari solusi yang sudah diterapkan oleh anak remaja Anda. Dikarenakan satu solusi mungkin membutuhkan waktu untuk bekerja dan terkadang tidak dapat menyelesaikan masalah sama sekali, maka Anda perlu memberi tahu anak untuk mencoba semua solusi yang ada dan menyiapkan rencana cadangan.

Melalui cara ini, anak akan belajar untuk tidak mudah menyerah dalam hidup.

Tanyakan juga kepada anak tentang solusi apa yang sudah atau belum berjalan dengan baik serta apa yang sekiranya bisa dilakukan untuk membuat solusi tersebut bekerja lebih lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News