HOME, Keluarga

Terapkan 5 Tips Ini untuk Membantu Anak Anda Berteman dengan Orang Lain

Terapkan 5 Tips Ini untuk Membantu Anak Anda Berteman dengan Orang Lain

MOMSMONEY.ID - Berteman tidak hanya menyenangkan, tapi juga penting bagi seorang anak. Pertemanan sangat penting untuk membantu anak-anak meningkatkan komunikasi, perasaan berbagi, empati, problem solving, dan kreativitas mereka. Kehadiran teman akan membantu anak untuk belajar bergaul dengan orang lain dan berinteraksi dengan dunia.

Meskipun setiap anak dilahirkan dengan kemampuan sosial alami, namun rasa malu yang dimiliki oleh beberapa anak dapat menjadi penghalang bagi mereka untuk mengembangkan pertemanan.

Tak perlu mendorong anak untuk menjadi populer, setidaknya bantulah mereka untuk merasa lebih percaya diri secara sosial dengan cara mengajarkan berbagai keterampilan sosial. Nah, sebagai permulaan, ada 5 tips yang bisa Anda praktikkan untuk membantu anak Anda berteman dengan orang baru sebagaimana dilansir dari Parents berikut ini.

Baca Juga: Ide Kegiatan yang Bisa Anda Jajal untuk Waktu Berkualitas Bersama Anak

1. Berlatih menyapa

Cara pertama yang harus Anda lakukan yaitu mendorong anak Anda untuk menyapa sekaligus menanyakan nama dari seseorang yang baru mereka temui. Anda juga bisa menyarankan aktivitas yang dapat anak Anda mainkan bersama teman sebayanya. Sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan sosial anak, Anda dapat menjadikan keluarga sebagai lingkungan awal yang aman dan hangat untuk mengajarkan isyarat sosial dan praktik keterampilan sosial yang tentunya sesuai dengan usia mereka.

Sebagai permulaan, ajarkan anak tentang teknik menyapa dengan anggota keluarga dan teman-teman keluarga hingga akhirnya mereka menjadi lebih nyaman dan percaya diri ketika harus dihadapkan dengan orang-orang baru.

2. Ekspos sedikit demi sedikit

Setelah latihan menyapa telah anak lakukan, mulailah untuk mengekspos anak Anda sedikit demi sedikit setiap hari pada situasi sosial. Dengan kontribusi Anda, anak akan merasa aman dan belajar bagaimana untuk merasa percaya diri di tengah lingkungan sosial.

Ketika anak Anda mendapatkan undangan pesta ulang tahun atau apapun yang bersuasana ramai, Anda dapat mengarahkan anak untuk menghadirinya bersama teman-teman mereka atau secara beramai-ramai alih-alih sendirian. Melalui cara ini, diharapkan kemampuan sosialisasi anak Anda akan meningkat dan mereka pun tidak akan kesulitan untuk berteman.

3. Atur acara bermain bersama di rumah

Anak-anak yang pemalu akan merasa lebih nyaman untuk beraktivitas di rumah mereka sendiri. Jadi, menciptakan lingkungan yang seru untuk bermain di rumah patut untuk Anda lakukan. Jangan lupa juga untuk mengundang anak-anak yang sebaya dengan anak Anda untuk bermain bersama.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kewalahan yang mungkin saja anak alami sekaligus membiasakan mereka untuk mengatasi rasa malu ketika harus terjun ke lingkungan baru suatu hari nanti.

4. Usahakan untuk hadir di sekitar anak

Pada awalnya, penting untuk memastikan Anda selalu ada di sekitar anak secara konsisten ketika mereka berinteraksi dengan anak-anak lainnya. Sebelum anak Anda terbiasa dengan lingkungan sosial, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap berada di dekat mereka ketika sedang bergaul dengan teman-temannya.

Ketika anak menunjukkan tanda-tanda aman dan nyaman saat berada di tengah situasi sosial, maka itulah saatnya bagi Anda untuk mulai melepaskan mereka bersosialisasi tanpa kehadiran Anda.

5. Bangun kepercayaan

Saat Anda mengatur jadwal bermain anak, pastikan Anda menetapkan awal dan akhir waktu bermain yang jelas untuk mereka patuhi. Jika Anda mengatakan kepada anak bahwa mereka harus mengunjungi temannya selama 30 menit, pastikan Anda mengingatkan anak untuk mengucapkan selamat tinggal kepada temannya tersebut dan pergi setelah waktu 30 menit itu berlalu.

Selain melatih disiplin, membangun kepercayaan juga akan mendorong anak Anda untuk bisa memercayai diri mereka sendiri maupun orang lain sehingga anak tidak akan kesulitan berteman akibat adanya trust issues.

Itulah 5 tips yang patut Anda coba untuk membantu meningkatkan kemampuan sosial anak sekaligus mendorong mereka untuk menjadi sosok yang mudah berteman. Selalu ingat bahwa kunci keberhasilan dari kelima tips di atas ialah konsisten dan sabar. Jika anak Anda menunjukkan rasa tidak suka atau tidak nyaman ketika dihadapkan dengan situasi sosial, pastikan Anda tidak memaksa mereka untuk tetap berada di situasi tersebut dan berikanlah jeda bagi mereka untuk menenangkan dirinya terlebih dulu ya.

Selanjutnya: Membiarkan Anak Merasa Bosan Ternyata Sangat Bermanfaat Loh Bagi Mereka!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News