Keluarga

Terapkan 5 Cara untuk Menjaga Kesehatan Bayi Pada Musim Hujan

Terapkan 5 Cara untuk Menjaga Kesehatan Bayi Pada Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Ada sejumlah cara untuk menjaga kesehatan bayi pada musim hujan.

Hujan bisa membawa risiko infeksi, menciptakan kelembaban berlebih, dan mendatangkan serangan nyamuk yang berbahaya terutama bagi bayi. Demam berdarah, malaria, infeksi, dan penyakit yang ditularkan melalui air menjadi hal yang lazim saat musim hujan tiba.

Oleh sebab itu, orangtua perlu tahu cara untuk menjaga kesehatan bayi pada musim hujan. Perawatan khusus sangat perlu orang tua lakukan untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit selama musim hujan berlangsung.

Mengutip Endoworld Hospital, inilah 5 cara menjaga kesehatan bayi pada musim hujan.

1. Pastikan kulit bayi tetap kering dan bersih

Saat kelembaban menyelimuti dan bayi menjadi lebih mudah berkeringat, sangat disarankan untuk lebih sering mengelap bayi dengan kain bersih supaya kulitnya tetap kering. Jangan lupa juga untuk memandikan bayi setiap hari setidaknya 1-2 kali dalam sehari.

Selalu ingat untuk memberikan perhatian lebih pada bagian tubuh bayi seperti ketiak, leher, kemaluan, dan area lipatan lainnya karena bagian-bagian ini dapat memerangkap kelembaban dan lebih rentan terhadap infeksi maupun ruam.

Baca Juga: 4 Penyebab Anak Menjadi Tidak Patuh yang Patut Orangtua Ketahui, Apa Saja?

Selama musim hujan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan disinfektan ringan atau sabun dan cairan antiseptik untuk membantu membunuh kuman pada saat si kecil mandi. Pastikan juga kuku bayi dipotong secara teratur dan selalu ingat untuk memerhatikan kebersihan diri sendiri selama merawat bayi.

2. Pakaikan pakaian yang nyaman

Dengan adanya fluktuasi iklim dari sangat panas ke lembab hingga dingin, maka membalut bayi secara memadai dan nyaman menjadi hal yang sangat penting untuk diterapkan.

Saat musim penghujan tiba, usahakan untuk memakaikan bayi Anda pakaian katun yang longgar, kering, nyaman, dan sebaiknya berlengan penuh. Pakaian semacam ini akan melindungi bayi dari kedinginan.

Dikarenakan ada perubahan suhu yang signifikan di musim hujan, Anda bisa menutupi tubuh bayi dengan selimut katun atau jaket jika memang diperlukan.

3. Jaga kebersihan air dan makanan

Air akan mudah terkontaminasi selama musim hujan. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan air untuk bayi. Sebaiknya, saring dan rebus terlebih dahulu air yang akan digunakan untuk keperluan bayi.

Rebus air hingga mendidih lalu dinginkan untuk digunakan minum atau membuat susu formula. Apabila masih memberikan ASI eksklusif, Anda tidak perlu memberikan si kecil tambahan air meskipun ia berkeringat. Untuk menjaganya tetap terhidrasi, cukup susui bayi dengan ASI sesering yang ia minta.

Selain itu, selalu ingat untuk memberikan bayi makanan yang bersih dan segar. Jaga makanan bayi agar tetap tertutup dan cuci bersih terlebih dahulu semua bahan makanan yang akan diolah.

Ingat-ingat bahwa kelembaban akan merusak makanan dengan lebih cepat, jadi periksa seluruh makanan yang ada sebelum diberikan kepada bayi dan usahakan untuk memberikan bayi makanan yang baru matang.

Baca Juga: 6 Teknik Manajemen Marah yang Patut Diterapkan Orang Tua Saat Anak Membuat Marah

4. Lindungi bayi dari virus, pilek, dan flu

ASI serta makanan yang sehat dan seimbang adalah kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bayi supaya tetap kuat dan bisa melawan infeksi maupun penyakit.

Selain itu, pastikan tidak membawa bayi ke tempat yang ramai guna mencegah ia tertular kuman dan infeksi dari orang lain. Anda juga harus rajin mencuci kedua tangan bayi serta tangan Anda sendiri untuk menciptakan perlindungan ekstra.

Yang terpenting, jauhkan bayi dari orang-orang yang menderita infeksi virus, pilek, dan flu. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan vaksin flu jika memang diperlukan.

5. Lindungi bayi dari gigitan serangga

Bayi harus mengenakan pakaian berlengan penuh agar kulitnya tetap tertutup dan bisa terhindar dari gigitan serangga terutama nyamuk.

Apabila benar-benar dibutuhkan, Anda bisa menyemprotkan obat nyamuk ke kamar bayi dan mengoleskan si kecil krim pengusir nyamuk.

Terakhir, jangan lupa untuk menutupi tempat tidur bayi dengan kelambu saat ia tidur ya, Moms.

Demikian 5 cara menjaga kesehatan bayi selama musim hujan. Saat diterapkan dengan baik, kelima cara di atas akan sangat bermanfaat untuk membantu bayi Anda terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerangnya dengan mudah selama musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News