HOME, Bugar

Tenyata Yogurt Punya Jenis yang Beragam, Yuk Simak Bedanya!

Tenyata Yogurt Punya Jenis yang Beragam, Yuk Simak Bedanya!

MOMSMONEY.ID - Yogurt adalah salah satu minuman paling bergizi dan menyehatkan tubuh. Yogurt dapat membantu melancarkan pencernaan karena mengandung bakteri baik di dalamnya.

Yogurt merupakan minuman produk susu yang dibuat dengan difermentasi. Didalamnya terkandung berbagai macam protein, probiotik, dan sarat akan kalsium pembentuk tulang yang tentu akan menyehatkan tubuh.

Tapi kebanyakan orang hanya mengonsumsi yogurt tanpa tahu apa jenis yogurt tersebut. Padahal sama seperti susu, yogurt juga sebenarnya memiliki jenis yang beragam.

Baca Juga: 4 Macam Pancake di Seluruh Dunia, Apa Saja Jenisnya?

Apa saja bedanya? Yuk, simak berita ini selengkapnya!

Greek Yogurt

Greek Yogurt atau Yogurt Yunani merupakan salah satu jenis yogurt paling populer beberapa tahun kebelakang ini.

Greek Yogurt memiliki kandungan protein dua kali lebih tinggi daripada yogurt biasanya. Greek Yogurt juga memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang lebih sedikit dari yogurt susu sapi biasa.

Melansir Eat This, tips untuk mengetahui kandungan yogurt ini adalah dengan melihat ingredients-nya. Karena pada kenyataannya, tidak ada aturan baku bagaimana pembuatan Greek Yogurt ini.

Tapi yang pasti, anda harus menghindari jenis Greek Yogurt yang mengandung 2 unsur tambahan seperti: tambahan protein & pengental (konsentrat whey & pati jagung yang dimodifikasi).

Traditional Unstrained Yogurt

Traditional Unstrained Yogurt merupakan jenis yogurt dari susu sapi yang tidak disaring. Yogurt ini adalah jenis yogurt yang biasa beredar di Indonesia.

Traditional Unstrained Yogurt juga dibagi lagi menjadi 3 jenis:

  • Yogurt susu murni
  • Yogurt rendah lemak
  • Yogurt tanpa lemak

Yogurt jenis ini biasanya memiliki rasa plain dan sedikit asam. Kebanyakan yogurt jenis ini dijual secara komersil dengan menambahkan berbagai macam perasa dan gula tambahan seperti rasa anggur, stoberi, mangga, dll.

Baca Juga: 5 Street Food Korea yang Lezat tapi Jarang Diketahui, Tertarik Mencoba?

Yogurt Rendah Lemak & Yogurt Tanpa Lemak

Dilansir dari Medical News Today, Yogurt rendah lemak terbuat dari 2% susu, sedangkan Yogurt Tanpa Lemak dibuat dari kandungan 0% susu.

Goat’s Milk Yogurt

Seperti namanya, Goat’s Milk Yogurt adalah jenis yogurt yang dibuat dari susu kambing.

Melansir Jessica Gavin, sebuah studi menemukan sebesar 93% bayi yang alergi terhadap susu sapi dapat meminum susu kambing tanpa menimbulkan reaksi apapun.

Yogurt susu kambing memiliki tekstur yang lebih lembut, halus, dan kaya nutrisi dibandingkan dengan jenis Yogurt Susu Sapi. Yogurt ini juga memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi.

Sayangnya, tidak semua orang suka yogurt susu kambing karena rasanya yang sedikit aneh di mulut.

Baca Juga: 3 Ide Membuat Hidangan Berbahan Dasar Tepung Menjadi Makanan Khas Spanyol

Sheep’s Milk Yogurt

Seperti namanya, Sheep’s Milk Yogurt adalah jenis yogurt yang dibuat dari susu domba.

Yogurt jenis ini memiliki rasa yang lebih netral dan terasa alami dibandingkan jenis Yogurt Susu Kambing.

Sama seperti Greek Yogurt, Yogurt Susu Domba memiliki tekstur yang kental jika dibandingkan dengan Yogurt Susu Sapi biasa. Tapi Yogurt Susu Domba memiliki kandungan laktosa yang sedikit.

Kefir

Kefir merupakan jenis yogurt cair yang tentu bisa diminum. Kefir mengandung probiotik yang mudah dibuat di rumah sendiri.

Cara membuat kefir ini adalah dengan menambahkan biji kefir ke dalam susu dan dibiarkan bertahan selama 12 – 24 jam lamanya.

Selanjutnya: 4 Promo Kuliner Murah yang Akan Berakhir Pada 31 Juli 2021, Ada KFC Hingga McD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News