HOME, Keluarga

Telinga Kucing Peliharaan Berbau Busuk, Ini Penyebabnya

Telinga Kucing Peliharaan Berbau Busuk, Ini Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mendapati telinga kucing berbau busuk? Jika iya, ini adalah masalah kebersihan yang tak boleh dibiarkan.

Kendati kucing merupakan hewan yang sangat peduli dengan dirinya sendiri dengan cara menjilati bulunya, tak menutup kemungkinan kucing terbebas dari masalah kebersihan yang menimbulkan masalah pada telinganya.

Sebenarnya, kucing tak pernah melewatkan untuk membersihkan telinganya juga, tetapi hanya sebagian yang bisa dijangkaunya.

Anda tak pernah benar-benar mengetahui apa yang telah terjadi di dalam telinganya sampai Anda mendapati bau busuk itu.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengatasi ini, sebaiknya ketahui dulu penyebab dari bau ini. Dilansir dari Pet The Nest, ini beberapa hal yang menyebabkan telinga kucing berbau busuk.

Baca Juga: Kenapa Kucing Terengah-engah? Ketahui Penyebabnya

Tungau Telinga

Telinga kucing sangat sempurna menjadi sasaran tungau kecil untuk tinggal menetap dan membesarkan keluarganya.

Mereka berkembang dengan cepat dan menyebabkan kotoran di telinga kucing. Parasit ini memakan lilin dan minyak di telinga kucing, menghasilkan kotoran berwarna kecokelatan seperti bubuk kopi yang dapat mengeluarkan bau busuk.

Selain bau dan kotoran hitam di telinganya, kucing yang merasa tak nyaman karena merasa gatal akan mengembangkan perilaku menggaruk berlebihan yang dapat menyebabkannya cedera juga.

Alergi

Tak hanya manusia, kucing pun juga dapat mengalami alergi. Alergi yang tak terdiagnosis mungkin bisa berkembang di mana saja, termasuk terjadi di telinganya.

Kucing mungkin mengalami pembengkakan kulit atau produksi kotoran telinga yang tidak menyenangkan. Alergi pada kucing dapat terjadi karena faktor eksternal, seperti diet, tanaman, dan obat-obatan.

Baca Juga: Sebelum Memeliharanya, Ketahui Berapa Lama Kelinci Bisa Hidup

Infeksi Bakteri dan Jamur

Selain tungau, bakteri dan jamur lainnya juga dapat tumbuh subur dan berkembang di dalam telinga kucing.

Keduanya dapat menyebabkan infeksi di telinga dan dapat menghasilkan bau tidak sedap saat semakin parah.

Fatalnya, infeksi ini dapat merusak pendengaran kucing secara permanen dan memerlukan pembedahan untuk mengatasinya.

Infeksi bakteri dan jamur ini dapat berkembang saat kondisi telinga lembap atau bekas luka yang tidak terobati.

Abses yang pecah

Bau tak sedap yang keluar dari telinga kucing mungkin juga dapat berasal dari abses yang pecah. Abses ini muncul sebagai benjolan karena kucing mengalami cedera di telinganya baik akibat menggaruk atau hasil berkelahi.

Jika tak diobati, bakteri akan menginfeksinya dan menyebabkan luka bernanah dan lainnya. Anda harus segera membersihkannya dengan obat luka untuk menghindari infeksi yang lebih parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News