ads

Telapak Kaki Kering Bikin Tak Nyaman, Ini 5 Cara Tepat Mengatasinya!

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 12:00 WIB
Telapak Kaki Kering Bikin Tak Nyaman, Ini 5 Cara Tepat Mengatasinya!


MOMSMONEY.ID - Pernah mengalami kulit kaki yang kering atau malah sedang mengalaminya? Masalah kesehatan kaki ini memang cukup meresahkan dan bisa mengganggu penampilan Anda.

Walaupun bisa tertutup dengan sepatu, tetapi tetap saja kulit kaki tidak sehat. Ada beberapa cara mudah ntuk mengatasi kulit kaki kering. 

Melansir natur-e.co.id, berikut cara mengatasinya dengan mudah: 

1. Membatasi pemakaian sepatu tertutup

Cara mudah mengatasi kulit kaki yang kering yaitu batasi pemakaian sepatu tertutup. Kaki yang sering kepanasan terlalu lama menggunakan sepatu yang tertutup lebih rentan kering dan pecah-pecah.

Hal ini disebabkan suhu tinggi tanpa sirkulasi udara yang cukup akan menarik kelembapan dari kulit Anda. Sesekali, istirahatkan sepatu kets atau boots dan gunakan sepatu dengan ujung terbuka atau bahan yang lebih tipis dan memudahkan udara keluar-masuk.

2. Pilih sabun mandi yang lembut

Cara mengatasi kulit kaki kering selanjutnya adalah pilih sabun mandi yang lembut. Sabun dengan formula yang terlalu keras bagi kulit bisa menyebabkan kering dan pecah-pecah.

Hindari penggunaan sabun mandi dengan kandungan bahan kimia atau iritan yang mampu menghilangkan kelembapan alami kulit, seperti Sodium Lauryl Sulfate dan pewangi buatan. Kemudian, batasi penggunaan air mandi yang terlalu panas dan buat kulit jadi makin kering.

Baca Juga: Pahami 4 Manfaat Menggunakan Body Lotion pada Kulit

3. Hindari berdiri terlalu lama

Ternyata berdiri terlalu lama bisa menyebabkan kulit kaki kering. Kondisi kaki yang kering dan menebal alias kapalan di sekitar tepi tumit menjadi awal dari tumit yang pecah-pecah. Saat banyak berjalan, terutama menggunakan hak tinggi, bantalan lemak di bawah kulit akan mengembang dan menyebabkan kapalan jadi retak. 

Oleh karena itu, hindari berdiri berjam-jam apalagi dalam satu posisi terlalu lama. Cara mengatasinya, bisa menggunakan sisipan sepatu khusus untuk melindungi tumit atau tambahan silikon untuk aktivitas yang lebih nyaman, tanpa kulit kering dan pecah-pecah.

4. Gunakan hand & body lotion

Perlu Anda tahu bahwa jumlah kelenjar minyak di area kaki ternyata lebih sedikit dibandingkan kulit di bagian tubuh lainnya. Tidak heran jika kulit pada bagian tumit dan telapak kaki sering terasa kering, bahkan tak jarang mengelupas. Cara mengatasinya, gunakan lotion yang ampuh melembapkan kulit kaki.

5. Tingkatkan asupan antioksidan

Selain menggunakan hand & body lotion, Anda juga perlu merawat kulit kaki dari dalam seperti mengkonsumsi asupan yang tinggi antioksidan. Pilihlah menu makanan yang sehat, cukupi cairan tubuh dengan minum air putih dan mengonsumsi vitamin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TOPIK TERPOPULER