Bugar

Telah Terbukti Secara Ilmiah, Ini 6 Makanan Sehat yang Sebabkan Asam Lambung

Telah Terbukti Secara Ilmiah, Ini 6 Makanan Sehat yang Sebabkan Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Penderita asam lambung sangat sensitif terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Bahkan yang lebih mengejutkan, ada beberapa jenis makanan sehat yang menyebabkan asam lambung naik, lo.

Beberapa makanan sehat berikut ini berisiko meningkatkan gejala asam lambung dari perut ke kerongkongan sehingga menimbulkan sensasi terbakar pada dada sampai ke tenggorokan.

Berikut ini MomsMoney hadirkan aneka makanan sehat yang tak disangka dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Melansir dari The Thirty dan Tums, berikut ulasannya:

Baca Juga: Jadi Alternatif Pengganti Susu Sapi, Ini 7 Perbedaan Susu Almond dan Susu Kedelai

Brokoli

Brokoli

Ternyata tak semua sayuran baik dan bisa dimakan oleh penderita asam lambung, loh! Ada juga yang tak bisa disantap, salah satunya brokoli.

Brokoli merupakan salah satu makanan sehat yang menyebabkan asam lambung jadi naik.

Mengutip dari Health Central, brokoli dapat memicu gejala refluks asam lambung karena brokoli mengandung gas yang akan membuat sistem pencernaan anda terganggu dan perut semakin begah.

Baca Juga: Sering Kita Konsumsi, 6 Makanan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Racun untuk Tubuh

Buah sitrus

Meski buah sitrus mengandung vitamin C yang tinggi, namun buah sitrus seperti lemon, jeruk, dan sebagainya tergolong ke dalam jenis makanan sehat yang menyebabkan asam lambung.

Kandungan asam sitrus yang tinggi pada buah jeruk dan lemon dapat menyebabkan perut memproduksi lebih banyak asam lambung sehingga perut menjadi mulas.

Bagi Anda pemilik perut sensitif, tidak disarankan bagi Anda mengonsumsi terlalu sering buah sitrus agar asam lambung Anda tidak naik.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi daripada Susu

Buah tomat

Jus tomat

Sama seperti buah sitrus, buah tomat juga merupakan salah satu makanan sehat yang menyebabkan asam lambung.

Bauh tomat mengandung asam yang tinggi sehingga dapat menyebabkan asam lambung meningkat ke kerongkongan.

Baca Juga: Susah Hamil? Ternyata Ini 5 Jenis Makanan yang Menghambat Kesuburan

Alpukat

Secara mengejutkan, buah alpukat ternyata termasuk ke dalam golongan makanan sehat yang menyebabkan asam lambung naik.

Meski alpukat termasuk buah yang menyehatkan, namun alpukat mengandung lemak tinggi yang dapat menyebabkan refluks asam atau naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Karena makanan berlemak tinggi seperti alpukat dapat merangsang hormon yang dapat melemaskan cincin otot kerongkongan bagian bawah.

Jadi jika Anda memiliki lambung yang lemak, ada baiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah alpukat.

Baca Juga: Apa Itu Umami? Ini Dia 7 Makanan Penghasil Rasa Umami

Susu

Sama seperti alpukat, susu juga termasuk jenis makanan sehat yang menyebabkan asam lambung.

Ada banyak produk susu yang mengandung lemak tinggi sehingga menyebabkan refluks asam. Alasannya, makanan dan minuman berlemak dapat bertahan lebih lama di perut sehingga dapat meningkatkan risiko refluks.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah adalah 2 bumbu makanan yang wajib ada dalam setiap masakan. Pasalnya, jika tak ada kedua bahan ini, maka masakan jadi terasa hambar dan kurang sedap.

Sayangnya, bawang putih dan bawang merah tergolong ke dalam jenis makanan yang menyebabkan asam lambung naik, bahkan hingga ke kerongkongan.

Cobalah untuk menghindari kedua bahan makanan ini selama seminggu dan lihat apa yang terjadi pada kondisi tubuh Anda.

Itu dia beberapa jenis makanan sehat yang menyebabkan asam lambung. Jadi, bagi para penderita asam lambung, berhati-hatilah memilih makanan yang dikonsumsi meski itu merupakan jenis makanan sehat sekalipun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News