CLOSE [X]
ads

Tekstur Kulit Tidak Rata? Yuk, Coba Perbaiki Dengan Cara Ini

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 15 Juli 2021 | 20:00 WIB
Tekstur Kulit Tidak Rata? Yuk, Coba Perbaiki Dengan Cara Ini


MOMSMONEY.ID - Tekstur kulit yang tidak rata kadang menjadi masalah yang menyebalkan bagi sebagian orang. Tekstur kulit yang tidak rata bisa membuat kulit terlihat kusam dan makeup yang diaplikasikan tidak akan menempel dengan sempurna di wajah. Kulit jadi tidak enak dipandang, deh.

Dilansir dari Byrdie, ahli dermatologi dr. Paul Frank menjelaskan bahwa kulit bertekstur disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang berlebih di permukaan kulit wajah. Oleh karena itu, kulit bisa terasa kasar dan tidak rata ketika disentuh.

Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebih dan kebiasaan buruk seperti merokok juga berkontribusi pada tekstur kulit yang tidak rata.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Kalau Moms sedang mencari cara untuk memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata, yuk simak beberapa cara di bawah ini!

Eksfoliasi

Eksfoliasi menjadi cara utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit bertekstur. Seperti namanya, eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga tekstur kulit akan kembali rata dan halus.

Produk eksfoliasi bisa dijumpai dalam bentuk cleanser dan toner. Jenisnya pun beragam, ada yang berupa physical dan chemical exfoliator. Physical exfoliator biasanya berbentuk scrub, sedangkan chemical exfoliator berupa AHA atau BHA.

Namun, dermatologis Caroline Robinson lewat Real Simple lebih menyarankan penggunaan chemical exfoliator karena tidak bersifat abrasif di wajah. Sehingga, wajah tidak berisiko mengalami iritasi dan peradangan karena terkena gesekan.

Baca Juga: Basic Skincare Untuk Remaja, Begini Tahapannya

Gunakan vitamin C

Vitamin C selama ini dikenal bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Namun, manfaatnya tidak hanya itu lo, Moms!

Vitamin C mengandung antioksidan yang baik untuk membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari dampak buruk lingkungan. Oleh karena itu, kandungan skincare yang satu ini bisa diandalkan untuk membantu memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata.

Rajin menggunakan sunscreen

Seperti yang telah dijelaskan dr. Frank di atas, paparan sinar matahari yang berlebih bisa menimbulkan tekstur kulit yang tidak rata.

Karenanya, Moms perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya sebagai langkah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan SPF yang disarankan adalah sebanyak 30 SPF.

Psst, sunscreen juga merupakan skincare anti-aging yang paling ampuh lo, Moms. Jika Moms rajin menggunakan sunscreen, kulit bakal terhindar dari penuaan dini yang bisa disebabkan oleh sinar matahari.

Nah, itu tadi beberapa tips yang berguna untuk membantu memperbaiki kulit bertekstur. Selamat mencoba, Moms!

Selanjutnya: Penting! Gunakan Sunscreen Sebelum Keluar Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru