Bugar

Teh Hitam Dipercaya Bisa Menurunkan Berat Badan, Mitos Atau Fakta?

Teh Hitam Dipercaya Bisa Menurunkan Berat Badan, Mitos Atau Fakta?

MOMSMONEY.ID - Teh hitam banyak disukai karena rasanya yang kuat. Teh jenis ini juga dikenal sebagai varian teh yang paling teroksidasi.

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, antioksidan kuat di dalamnya dapat meningkatkan energi, meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol kadar kolesterol, dan mengatur berat badan.

Flavonoid, yang merupakan jenis antioksidan yang ditemukan dalam teh, adalah yang senyawa yang berperan dalam berbagai manfaat kesehatan teh.

Semua jenis teh dibuat dari daun tanaman yang sama, yang berarti semua variannya mengandung kelompok flavonoid yang disebut katekin. 

Baca Juga: Ingin Kurus? Coba Konsumsi 5 Minuman Alami Ini agar Berat Badan Cepat Turun

Lantas, mengapa minum teh ini disebut-sebut bisa membantu penurunan berat badan? Berikut ini beberapa alasannya yang dilansir dari Mayo Clinic:

Manfaat polifenol dalam teh hitam untuk menurunkan berat badan

Sekelompok antioksidan berbasis tumbuhan, yang disebut flavonoid atau polifenol, berperan atas banyak manfaat kesehatan yang berasal dari teh.

Semua jenis teh dibuat dari daun tanaman yang sama, yang mengandung sekelompok flavonoid yang disebut katekin. Dalam teh hijau, flavonoid utamanya adalah katekin.

Teh hitam masih mengandung sejumlah kecil katekin, tapi manfaat kesehatan yang terbesar berasal dari flavonoid baru.

Perubahan bakteri usus

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition pada 2017 menemukan, bahwa teh hitam berkontribusi pada penurunan berat badan dan kesehatan yang baik.

Dengan bantuan mekanisme spesifik melalui mikrobioma usus. Membandingkan teh hitam dengan teh hijau, penelitian ini dilakukan pada empat kelompok tikus.

Secara keseluruhan, para peneliti percaya bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa teh ini mungkin sama bermanfaatnya bagi kesehatan seperti teh hijau yang diakui secara luas. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Rematik

Menurunkan tingkat trigliserida dalam tubuh

Flavonoid yang ditemukan terkandung dalam teh ini telah lama dipercaya dapat menurunkan lemak visceral dan kadar trigliserida dalam tubuh.

Senyawa ini juga dapat menghambat obesitas yang disebabkan oleh peradangan.

Rendah kalori

Teh hitam hanya memiliki sekitar 2 kalori per cangkir. Ini juga memiliki nol persen kolesterol dan lemak jenuh. Jika kalori secangkir teh ini lebih dari 2 kalori, biasanya karena bahan lain yang ditambahkan ke dalamnya seperti susu, madu, atau gula. 

Teh hitam bisa jadi pilihan minuman sehat selama Anda menjalani program diet. Untuk mendapatkan manfaat penurunan berat badan yang maksimal, minum  teh ini tanpa tambahan apa pun.

Itulah beberapa alasan mengapa teh hitam bisa membantu penurunan berat badan. Meski banyak klaim manfaatnya, hindari mengonsumsi teh ini secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News