Santai

Teaser vs Trailer, Apa Sih Bedanya? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Teaser vs Trailer, Apa Sih Bedanya? Cari Tahu Jawabannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Kerap digunakan sebagai media promosi, ternyata teaser dan trailer itu berbeda loh. Cari tahu, yuk!

Baik teaser dan trailer adalah media promosi yang sering digunakan untuk mempromosikan film, lagu, maupun drama dan serial.

Meski tujuannya sama-sama untuk promosi, kenali dulu yuk perbedaan teaser dan trailer berikut ini.

Baca Juga: 5 Drama Korea Im Soo Hyang, Paling Baru Ada Kokdu: Season of Deity

Durasi

Teaser dan trailer sama-sama merupakan video yang memiliki durasi lebih pendek dibanding karya aslinya. Melansir dari laman Ask Any Different, teaser adalah video yang memiliki durasi kurang dari satu menit.

Sedangkan trailer memiliki durasi lebih panjang, yaitu hingga 1-2 menit.

Tujuan

Meski tujuannya sama-sama untuk promosi tapi ada tujuan dasar yang membedakan teaser dan trailer. Teaser bertujuan sebagai media pengumuman tentang sebuah karya yang akan dirilis, agar penonton bisa mengantisipasi ceritanya.

Trailer tujuannya adalah memancing penonton untuk menonton karya tersebut termasuk dengan memberikan beberapa potongan dari cerita yang akan dirilis.

Baca Juga: Sinopsis Mangkujiwo 2, Kisah Pesugihan Kuntilanak Kembali Muncul di Bioskop

Plot

Seperti yang sudah dijelaskan, trailer memiliki gambaran lebih utuh dan terstruktur mengenai alur cerita sebuah karya. Sedangkan, menurut laman Difference Between, teaser tidak memiliki dan menunjukkan alur cerita dari sebuah karya.

Dalam teaser hanya menampilkan sekilas informasi menarik tentang karya yang akan dirilis tersebut.

Struktur

Beda teaser dan trailer dalam hal struktur adalah, teaser tidak memiliki struktur cerita yang menunjukkan film atau karya tersebut.

Di sisi lain, trailer lebih terstruktur dibanding teaser. Trailer mengandung struktur awal, pertengahan, hingga akhir dari sebuah karya atau film yang siap dirilis.

Baca Juga: Trailer dan Sinopsis Jung E, Film Sci-Fi Korea Baru di Netflix Wajib Tonton

Waktu pembuatan

Perbedaan teaser dan trailer juga terdapat pada bagian waktu pembuatannya. Teaser dirilis saat tahap syuting sedang berlangsung. Bahkan juga bisa dirilis sebelum proses syuting berlangsung.

Sedangkan trailer rilis saat film atau karya sudah selesai di produksi dan siap tayang. Jadi isi dalam trailer memiliki plot yang lebih lengkap dibanding dengan teaser.

Pertama digunakan

Kedua media promosi ini ternyata memiliki perbedaan juga tentang waktu saat keduanya pertama kali digunakan.

Trailer digunakan pertama kali pada tahun 1913 di sebuah film yang berjudul The Pleasure Seekers. Sedangkan teaser pertama kali digunakan sejak tahun 1920-an. Salah satu film yang menggunakan teaser adalah film Superman karya Richard Donner di tahun 1978.

Ternyata beda, itulah tadi beberapa perbedaan teaser dan trailer yang sama-sama digunakan sebagai media promosi film, serial, dan juga lagu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News