CLOSE [X]
ads

TBC Menjadi Salah Satu Penyakit Berbahaya, Kenali Gejala TBC yang Perlu Diwaspadai

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 01 April 2022 | 10:57 WIB
TBC Menjadi Salah Satu Penyakit Berbahaya, Kenali Gejala TBC yang Perlu Diwaspadai

ILUSTRASI. Gejala TBC yang Perlu Diwaspadai


MOMSMONEY.ID - Tuberkulosis adalah penyakit menular akibat infeksi yang memiliki potensi besar untuk menyerang paru-paru, sehingga menimbulkan dampak berbahaya.  

Meski begitu, gangguan ini juga dapat menyerang otak dan tulang belakang. Maka itu, jika dibiarkan, infeksi yang terjadi di dalam tubuh dapat bertambah parah dan menyebabkan komplikasi.   

Penyakit ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan air liur yang mengandung bakteri Mycobacterium tuberkulosis di udara saat batuk atau bersin, dilansir dari Healthline.

Bahayanya, seseorang yang terinfeksi bakteri ini mungkin saja tidak menimbulkan gejala. Saat alami gejala, berarti daya tahan tubuh menurun dan bakteri sedang aktif berkembang biak.

  Baca Juga: Manfaat Jus Lemon untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi secara Rutin

Gejala TBC pada mulanya berupa batuk. Dilansir dari Heart Association, inilah beberapa gejala TBC yang perlu diwaspadai, antara lain:  

1. Berkeringat di malam hari

Gejala TBC yang perlu diwaspadai pertama adalah sering berkeringat di malam hari. Suhu tubuh meningkat dan demam di malam hari juga disertai dengan munculnya keringat.  

Jumlah keringat yang keluar pun jauh lebih banyak dibandingkan keringat di siang hari. 

Walaupun tidak terjadi pada semua pengidap TBC, berkeringat di malam hari juga bisa disertai dengan badan yang menggigil.  

2. Kulit pucat

Gejala TBC yang perlu diwaspadai kedua adalah kulit menjadi pucat. Keadaan ini disebabkan oleh tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia.  

Kondisi inilah yang membuat warna kulit pengidap TBC cenderung pucat.  

Editor: Helvana Yulian

Terbaru