Keluarga

Tanpa Operasi, Ini 5 Cara Mengencangkan Kulit Kendur Setelah Diet

Tanpa Operasi, Ini 5 Cara Mengencangkan Kulit Kendur Setelah Diet

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 cara mengencangkan kulit kendur setelah diet di sini.

Penurunan berat badan secara signifikan rentan menghasilkan kulit yang kendur. Ini karena kolagen sebagai protein yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit tidak memiliki kemampuan untuk menyusut setelah mengembang dan menampung berat badan ekstra. Akibatnya, kulit cenderung terkulai dan kendur setelah berat badan turun.

Faktor-faktor seperti usia, genetika, paparan sinar matahari, dan kebiasaan merokok juga dapat memengaruhi kemampuan kulit untuk menjadi kencang kembali.

Kendati demikian, kulit yang kendur dapat dikencangkan kembali dengan mudah melalui prosedur bedah. Namun, metode ini tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba 5 cara mengencangkan kulit kendur setelah diet yang telah MomsMoney rangkum dari Dermstore dan West Medical berikut ini.

Baca Juga: Ada Telur, Ini 5 Makanan untuk Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

1. Olahraga secara teratur

Cara mengencangkan kulit kendur setelah diet yang pertama yaitu olahraga secara teratur.

Setelah target berat badan tercapai, sangat disarankan bagi Anda untuk tetap melakukan olahraga seperti strength training atau latihan kekuatan otot. Latihan ini bermanfaat untuk melebarkan otot sekaligus mengencangkan kulit di area otot.

Anda juga bisa melakukan olahraga high-impact seperti aerobik. Aerobik sangat disarankan karena dapat membantu menciptakan elastisitas untuk membuat kulit tampak lebih muda, kata seorang Cosmetic Physician bernama Stanley Kovak, MD.

2. Jaga hidrasi dan makan makanan seimbang

Cara mengencangkan kulit kendur setelah diet yang kedua yaitu menjaga hidrasi dan makan makanan seimbang.

Menjaga kesehatan dan nutrisi kulit paling baik dicapai melalui hidrasi dengan minum 8 gelas air setiap hari. Selain mampu mencegah kekeringan dan mempertahankan kilau alami kulit, air juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, menurut sebuah penelitian.

Anda juga perlu memerhatikan betul nutrisi dalam makanan yang Anda konsumsi. Guna membantu produksi kolagen, pastikan Anda mengonsumsi cukup protein serta asam amino lisin dan prolin. Makanan tinggi vitamin C juga patut Anda konsumsi, karena vitamin C memiliki peran penting dalam sintesis kolagen sekaligus bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

3. Pakai krim topikal

Cara mengencangkan kulit kendur setelah diet yang ketiga yaitu memakai krim topikal.

Krim pengencang kulit topikal mungkin tidak memberikan hasil yang sama seperti perawatan di klinik kecantikan. Namun, para ahli setuju bahwa rejimen perawatan kulit yang berfokus pada bahan-bahan dengan komponen pembentuk kolagen dapat membantu memperbaiki penampilan kulit.

Umumnya, produk pengencang kulit terbuat dari berbagai faktor pertumbuhan, peptida, dan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar kolagen dengan menargetkan proses biokimia yang terlibat dalam produksi dan pemecahan kolagen. Adapun produk semacam ini telah terbukti membantu tahap awal kulit mengendur dan pasca-kehamilan.

Baca Juga: Biar Tidak Iritasi, Ini 5 Cara Menggunakan Serum Salicylic Acid yang Benar

4. Oleskan teh hijau

Cara mengencangkan kulit kendur setelah diet yang keempat yaitu mengoleskan teh hijau. Teh hijau mengandung vitamin B2 yang dikenal juga sebagai riboflavin. Vitamin ini diklaim dapat membantu mengencangkan kulit untuk sementara.

Teh hijau juga mengandung katekin dengan konsentrasi tinggi. Katekin sendiri merupakan antioksidan yang kuat untuk membantu menghilangkan peradangan, menghambat kerusakan sel, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Mengoleskan teh hijau secara langsung ke kulit bisa membantu meningkatkan elastisitas. Sebuah studi kecil pada tahun 2005 terhadap 80 wanita menunjukkan ada peningkatan elastisitas kulit pada peserta yang menggunakan teh hijau secara topikal dan oral.

5. Tingkatkan kadar biotin

Cara mengencangkan kulit kendur setelah diet yang kelima yaitu meningkatkan kadar biotin. Biotin atau vitamin B7 adalah vitamin B yang larut dalam air.

Dikenal juga sebagai vitamin H, biotin mampu membantu tubuh memetabolisme asam amino yang dibutuhkan untuk membangun keratin. Keratin sendiri merupakan lapisan pelindung kulit untuk membuat kulit kenyal dan kencang, seperti halnya elastin dan kolagen.

Untuk membantu meningkatkan kadar biotin, pastikan Anda meningkatkan asupan sayuran berdaun hijau, susu, telur, kacang-kacangan, dan oatmeal.

Itulah 5 cara mengencangkan kulit kendur setelah diet. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News