Bugar

Tanpa Efek Samping, Ini 4 Rekomendasi Obat Alami untuk Asam Urat

Tanpa Efek Samping, Ini 4 Rekomendasi Obat Alami untuk Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Penyakit asam urat adalah penyakit peradangan pada sendi. Penyakit ini bisa terjadi tiba-tiba dan menyebabkan rasa nyeri serta pembengkakan pada sendi.

Meski tidak bisa disembuhkan secara total, penyakit asam urat dapat dikendalikan dengan penanganan yang tepat. Ada beberapa obat alami untuk mengatasi asam urat yang bisa Anda coba.

Obat alami asam urat tersebut diyakini dapat membantu meringankan gejala, sekaligus mengurangi kadar asam urat pada tubuh.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Kenali Penyebab Batuk Berdarah yang Harus Diwaspadai

Dilansir dari Healthline, ada beberapa rekomendasi obat alami untuk mengobati asam urat, di antaranya sebagai berikut: 

Kopi

Rekomendasi obat alami untuk mengobati asam urat yang pertama adalah kopi. Kopi dapat mencegah asam urat mengendap dan merusak tulang dan sendi.

Minuman ini kaya akan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolime purin menjadi asam urat dan meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine. 

Air putih

Selain baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi, air putih juga baik untuk membuang asam urat berlebih dari tubuh.

Dengan memperbanyak minum air putih, tubuh akan mengasilkan lebih banyak urine. Hal ini akan membuat asam urat lebih banyak terbuang melalui urine, sehingga ia tidak menumpuk.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Hernia

Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang sudah umum digunakan sebagai bumbu masakan dan jamu di Indonesia. Ternyata jahe juga termasuk salah satu obat alami asam urat.

Ini karena jahe mengandung zat antiradang yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri akibat asam urat.

 Kunyit

Rekomendasi obat alami untuk mengobati asam urat yang terkahir adalah kunyit. Ini berkat kandungan curcumin pada kunyit sebagai antiradang yang dapat mengatasi nyeri sendi

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit pun kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, seperti asam urat.

Selain itu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan ini sebagai obat alami untuk asam urat. 

Ingat bahwa obat alami asam urat ini tidak dapat mengganti terapi medis untuk mengatasi asam urat. Untuk mengobati asam urat, Anda tetap membutuhkan pengobatan dari dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News