HOME, Bugar

Tangan Sering Kram? Waspadai Tanda Gejala Penyakit Serius

Tangan Sering Kram? Waspadai Tanda Gejala Penyakit Serius

MOMSMONEY.ID - Kram adalah pengerutan pada otot yang bisa muncul secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa nyeri. Kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa detik, menit, atau jam, tergantung lamanya otot berkontraksi. 

Selain kaki, tangan termasuk bagian tubuh yang paling sering mengalami kram. Merasakan tangan sering kram tentu tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas. 

Tangan kram membuat seseorang sulit mengepal atau bahkan mengambil sesuatu dengan tangan. Jika tangan sering kram terjadi terus menerus, bisa jadi merupakan gejala masalah medis lain. 

Dilansir dari Everyday Health, beberapa penyebab tangan sering kram yang umum terjadi di antaranya sebagai berikut. 

Baca Juga: 5 Olahraga yang Membantu Meredakan Nyeri Saat Haid

1. Dehidrasi

Bagi orang yang mengalami dehidrasi ringan maupun dehidrasi berat, tangan sering kram bisa jadi merupakan gejalanya.Kaitannya adalah saat seseorang mengalami dehidrasi, maka fungsi otot tidak bisa berjalan optimal sehingga rentan kram. 

Gejala dehidrasi yang juga menyertai seperti napas berbau, demam, menggigil, kulit kering, sakit kepala, hingga keinginan untuk terus mengonsumsi makanan manis. 

2. Penyakit ginjal

Ketika ginjal bermasalah dan tak bisa membuang zat sisa dari tubuh atau menyeimbangkan kadar cairan tubuh, maka akan terjadi ketidakseimbangan antara elektrolit dan cairan.

Dengan demikian, sangat rentan terjadi kram di seluruh bagian tubuh, terutama bagian kaki. 

3. Sirkulasi tubuh tidak lancar

Kondisi ini terjadi saat tubuh tidak memiliki asupan darah yang cukup. Akibatnya, sirkulasi darah yang tidak lancar akan menghambat kerja sel hingga menyebabkan sel mati.

Salah satu gejala yang dirasakan adalah kram otot, termasuk pada tangan, lengan, dan kaki. 

Baca Juga: Sering Mimisan, Bisa Jadi Anda Mengalami Gejala dari 4 Penyakit Ini

4. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi saraf secara cepat atau lambat yang dapat menimbulkan keluhan kesemutan. 

5. Kekurangan magnesium

Magnesium adalah mineral yang menjaga kekuatan tulang sekaligus membuat otot rileks. Termasuk, mencegah tangan sering kram. Magnesium juga bisa mencegah sindrom restless leg atau mata kedutan. 

Orang yang kekurangan magnesium biasanya juga merasakan sakit kepala, asma, PMS, insomnia, dan lesu.

Tangan yang sering kram dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi di atas. Jadi mulai sekarang, Anda sebaiknya tidak menganggap sepele keluhan ini. Segera cari cara mengobati tangan kram, dan terapkan gaya hidup sehat secara konsisten.

Selanjutnya: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News