HOME, Keluarga

Tanda-Tanda Kulit Sensitif, Anda Wajib Tahu Supaya Tidak Salah Pilih Kosmetik

Tanda-Tanda Kulit Sensitif, Anda Wajib Tahu Supaya Tidak Salah Pilih Kosmetik

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda merasa bahwa kulit Anda mudah sekali bereaksi ketika dipakaikan produk-produk kecantikan seperti skincare atau makeup? Jika demikian, kemungkinan besar kulit Anda bertipe sensitif.

Kulit sensitif merupakan kondisi kulit yang lebih rentan terhadap inflamasi atau peradangan. Adapun peradangan pada setiap orang memiliki penyebab yang bervariasi.

Lalu, apa saja sih tanda-tanda kulit sensitif itu? Melansir Dermstore, inilah 7 tanda kulit sensitif yang mungkin saja ada pada Anda. Yuk, simak baik-baik!

Baca Juga: Ketahui Manfaat Timun untuk Kecantikan, Merawat Kulit Wajah Sensitif

1. Kulit kemerahan

Kemerahan adalah tanda umum dari kulit sensitif yang bisa disebabkan oleh kecenderungan genetik atau sekadar reaksi terhadap bahan-bahan tertentu.

Jika kulit Anda mudah kemerahan ketika menggunakan produk-produk kecantikan, maka bisa disimpulkan bahwa kulit Anda bertipe sensitif.

2. Kulit rentan ruam dan benjol

Ruam dan benjolan merah kecil yang sering menyerang menjadi tanda kulit sensitif selanjutnya. Lagi-lagi, hal ini bisa terjadi kapan saja tatkala Anda menggunakan produk yang tidak tepat. Selalu ingat untuk melakukan uji tempel sebelum menggunakan produk baru dan tunggu selama 24 jam sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah.

Apabila setelah 24 jam muncul ruam atau benjolan merah kecil, maka penggunaan produk tidak perlu dilanjutkan.

3. Kulit terasa terbakar atau tersengat

Apapun bentuk produknya, kulit yang terasa terbakar atau tersengat sesaat setelah dipakaikan produk kecantikan menandakan bahwa kulit tersebut bertipe sensitif. Orang dengan kulit sensitif cenderung memiliki skin barrier yang lebih tipis sehingga sangat mungkin kulit akan bereaksi berlebihan ketika diaplikasikan produk yang tidak cocok.

Pastikan untuk tidak membebani kulit sensitif dengan bahan-bahan keras. Gunakanlah produk-produk berlabel hypoallergenic, lembut, serta diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

4. Kulit terasa gatal

Kulit gatal adalah gejala sensitivitas kulit yang mudah memburuk jika dibersihkan dengan air panas.

Oleh sebab itu, gunakanlah air bersuhu suam-suam kuku untuk membersihkan kulit dengan kondisi demikian. Jangan lupa juga untuk memakai produk cleanser yang lembut dan aplikasikan pelembab yang mengandung ceramide.

5. Kulit peka terhadap sinar UV

Ketika Anda beraktivitas outdoor tanpa menggunakan topi atau sunscreen dan kulit Anda langsung memerah, dapat dikatakan bahwa Anda memiliki kulit yang sensitif.

Fotosensitivitas dapat menyebabkan terjadinya ruam pada area kulit wajah, lengan luar, dan dada. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda perlu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. Pastikan untuk menggunakan sunscreen yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide karena lebih cocok untuk kulit sensitif.

6. Kulit tidak cocok diaplikasikan produk mengandung pewangi

Produk berpewangi menjadi pemicu umum timbulnya reaksi pada kulit sensitif. Apabila kulit Anda selalu bermasalah ketika dipakaikan produk yang memiliki kandungan fragrance, itu tandanya kulit Anda sensitif.

Meskipun terasa kurang, namun produk kecantikan bebas pewangi merupakan pilihan terbaik untuk kulit sensitif Anda. Pastikan juga untuk tidak menggunakan produk yang mengandung bahan pewangi alami seperti essential oil karena produk-produk semacam itu dapat menginflamasi kulit sensitif Anda dengan cepat.

7. Kulit mudah breakout

Tanda terakhir Anda memiliki kulit sensitif yaitu kulit Anda mudah berjerawat. Mengapa begitu? Karena, kulit sensitif dan kering dapat menghasilkan minyak yang ekstra pada wajah sebagai cara untuk mengatasi kurangnya kelembaban yang dibutuhkan. Ketika wajah memproduksi minyak berlebih, maka pori-pori akan mudah tersumbat sehingga jerawat pun rentan muncul.

Selalu ingat untuk mencuci wajah 2 kali sehari (tidak kurang dan tidak lebih) dengan menggunakan cleanser yang lembut agar wajah terbebas dari jerawat. Selain itu, hindarilah produk-produk yang berisiko mengiritasi kulit sensitif Anda seperti alkohol, benzoyl peroxide, atau salicylic acid. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung tea tree oil dan witch hazel.

Demikian informasi seputar tanda-tanda kulit sensitif yang perlu Anda ingat-ingat. Jika informasi ini Anda rasa bermanfaat, jangan lupa untuk dibagikan ke orang-orang terdekat Anda ya!

Selanjutnya: 5 Langkah Efektif Menggunakan Pelembab Supaya Wajah Lembab Maksimal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News