HOME, Bugar

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Segera Diwaspadai pada Perempuan

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Segera Diwaspadai pada Perempuan

MOMSMONEY.ID - Kolesterol merupakan zat berupa lemak yang ditemukan di dalam sel-sel tubuh. Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membentuk hormon, vitamin D, dan asam empedu dalam mencerna makanan.

Selain diproduksi tubuh, kolesterol juga bisa didapatkan dari sumber makanan hewani, seperti kuning telur, daging dan keju. Kandungan kolesterol terlalu tinggi dapat membentuk plak ketika bergabung dengan zat lain dalam pembuluh darah.

Kondisi ini mengakibatkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke. Dilansir dari Healthywomen, kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang dialami perempuan.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Mentega Bagi Kesehatan Tubuh

Meski demikian, banyak perempuan yang berisiko memiliki kolesterol tinggi tapi tidak menyadarinya. Gejala Kolesterol tidak dapat diidentifikasi secara khusus, baik pada usia tua maupun muda.

Berikut ini beberapa tanda kolesterol tinggi yang harus diwaspadai sekalipun usia masih muda.

1. Nyeri dada (angina)

2. Kelemahan atau kebas pada tangan dan kaki

3. Gangguan penglihatan pada salah satu mata

4. Rasa sakit saat berjalan.

5. Sering kram saat tidur malam

6. Warna kulit dan kuku mulai berubah

7. Luka yang tak kunjung sembuh

Baca Juga: 5 Manfaat Nasi Merah yang Sudah Terbukti Secara Klinis

Banyak perempuan tidak menyadari telah mengalami kolesterol tinggi hingga mengalami salah satu kejadian yang mengancam jiwa, misalnya stroke atau serangan jantung. Sebagian lagi mengetahuinya melalui pemeriksaan kolesterol darah rutin. 

Oleh karena itu, periksalah kolesterol darah secara berkala untuk mengantisipasi berbagai masalah kesehatan. Jika mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas dalam durasi yang cukup lama, segera konsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: Berbagai Manfaat Tempe yang Sayang untuk Dilewatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News