HOME, Keluarga

Tanda-Tanda Ikan Peliharaan di Akuarium Sedang Stres

Tanda-Tanda Ikan Peliharaan di Akuarium Sedang Stres

MOMSMONEY.ID - Kondisi kesehatan ikan mungkin tidak akan selalu mudah ditentukan karena mereka hidup di dalam air.

Namun, ikan menunjukkan berbagai perilaku yang menunjukkan suasana hati dan kesehatannya. Ini dapat berupa bagaimana mereka berenang, bereaksi terhadap ikan lain, merespon di sekitar makanan, dan penampakan fisik mereka.

Jika ikan terserang suatu penyakit seperti infeksi atau parasit, Anda mungkin akan mudah melihatnya dari penampilan fisik.

Tapi, ikan yang mengalami stres, aspek yang diamati pun berbeda. Kendati demikian, pasti ada tanda-tanda stres pada ikan yang menjadi indikator awal dan dapat memandu Anda untuk mengambil tindakan penanganan.

Dilansir dari Pet Help Ful, berikut beberapa tanda stres pada ikan.

Baca Juga: Jenis Makanan Apa Saja yang Bisa Dikonsumsi Ikan Cupang Peliharaan

Berenang Tidak Menentu di Akuarium

Ketika ikan stres, mereka akan menunjukkan perilaku yang gelisah, seperti ingin pergi dari lingkungannya. Hal ini bisa disebabkan karena ikan merasa terancam, mungkin karena desakan dari ikan lain atau karena tekanan dari luar akuarium (seseorang mengetuk akuarium dan membuat ikan terkejut).

Kondisi ini menyebabkan ikan berenang tak tentu arah, melesat ke sana kemari di dalam akuarium. Beberapa ikan bahkan akan melompat keluar dari akuarium ketika mereka ketakutan.

Sering Bersembunyi

Hal yang normal bagi ikan untuk mencari tempat bersembunyi di dalam akuarium mereka agar merasa aman.

Beberapa spesies ikan seperti lele, memang bersembunyi lebih dari spesies yang lain. Sementara beberapa lainnya bersembunyi pada waktu-waktu tertentu.

Namun, jika ikan peliharaan Anda selalu bersembunyi di sudut akuarium sepanjang waktu, ini adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang salah.

Ikan Anda mungkin mengalami stres karena terancam atau karena mereka berbagi dengan anggota spesies ikan yang lebih dominan.

Perubahan Penampilan

Stres yang ekstrem akan berdampak buruk pada ikan. Terutama pada perubahan fisik. Ikan akan kehilangan berat badan, warna ikan akan kusam, dan mungkin wajah serta rahangnya berubah warna jadi keabu-abuan. Misalnya, ikan neon tetra yang cerah akan berubah kusam saat mereka stres.

Baca Juga: Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Sifatnya Agresif

Hilangnya Nafsu Makan

Ada beberapa alasan berbeda kenapa ikan menolak makanan. Namun, menolak makanan juga merupakan salah satu pertanda bahwa ikan sedang stres.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencoba memberi makanan yang berbeda untuk melihat apakah reaksi mereka berbeda.

Setelah memastikan beberapa hal lain, Anda mungkin baru bisa memutuskan bahwa ikan menolak makanan karena benar-benar sedang stres. Hal-hal yang perlu diperhatikan seperti penyakit, intimidasi ikan lain, dan kondisi lingkungan akuarium.

Terengah-engah di Permukaan Air

Pernahkah Anda melihat ikan peliharaan muncul ke permukaan air dan terengah-engah? Kondisi ini paling umum disebabkan oleh akuarium yang kekurangan oksigen.

Anda perlu mengecek apakah filterasi Anda berjalan dengan baik di dalam sana. Selain itu, suhu air, kepadatan tangki, dan kualitas air juga harus diperhatikan. Sebab, kondisi akuarium yang buruk dapat memicu stres pada ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News