Santai

Tanda Anda Perlu Ganti iPhone Baru, Perhatikan 8 Masalah yang Sering Muncul

Tanda Anda Perlu Ganti iPhone Baru, Perhatikan 8 Masalah yang Sering Muncul

MOMSMONEY.ID - Saat ini pembaruan perangkat lunak iOS 17 telah diungkapkan oleh Apple untuk segera dirilis secara resmi. Tak semua model iPhone mendapatkan pembaruan tersebut. Hal ini membuat pengguna berpikir untuk ganti iPhone baru. 

Namun, sebenarnya ada tanda Anda perlu ganti iPhone baru. Beberapa masalah yang sering muncul bisa menjadi tanda Anda perlu ganti iPhone. 

Masalah tersebut bukan hanya karena tidak mendapatkan pembaruan iOS terbaru. Meski demikian, hal tersebut bisa menjadi tanda Anda perlu ganti iPhone baru. 

Baca Juga: Lock Screen Bermasalah? Begini Cara Mengatasi Layar Kunci iPhone Delay

Sebab, iPhone lama bisa saja tidak akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak terbaru selanjutnya. 

Berikut ini beberapa tanda Anda perlu ganti iPhone baru:

1. Tidak punya ruang penyimpanan

penyimpanan iphone

Ruang penyimpanan yang rendah adalah masalah umum bagi pengguna iPhone. Jika Anda tidak merapikan perangkat secara teratur, semua file, aplikasi, gambar, dan musik dapat benar-benar bertambah. 

Jika Anda sering kehabisan ruang saat menggunakan iPhone pada tingkat normal, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan ke perangkat dengan penyimpanan lebih banyak.

Baca Juga: 4 Bahaya Instal iOS 17 Beta di iPhone, Kapan Waktu Paling Aman?

2. Tidak bisa mengunduh iOS versi terbaru

Pada awalnya, tidak memiliki versi iOS terbaru mungkin bukan masalah besar. Tetapi memperbarui ponsel Anda secara teratur sangat penting untuk alasan di luar fitur baru. 

Anda mungkin terpapar malware dan risiko keamanan lainnya jika tidak memiliki perangkat lunak Apple terbaru.

Setelah ponsel Anda berhenti menerima pembaruan iOS terbaru, Anda mungkin masih berfungsi seperti biasa untuk sementara waktu.

Namun, demi keamanan Anda sendiri, meningkatkan iPhone dan melindungi diri Anda dengan perangkat lunak terbaru mungkin merupakan ide yang cerdas.

3. Baterai boros

Seiring bertambahnya usia iPhone Anda, baterai Anda secara alami juga akan terkuras lebih cepat. Faktor sementara, seperti cuaca dingin, juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Tetapi jika ternyata Anda tidak dapat menghabiskan waktu terlalu lama di perangkat Anda tanpa perlu mengisi daya, meningkatkan versi mungkin merupakan pilihan terbaik Anda.

Jika Anda masih mendapatkan pembaruan iOS baru dan tidak ingin mendapatkan ponsel baru, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengganti baterai. 

Baca Juga: 16 Fitur Tersembunyi iOS 17 yang Tak Banyak Diketahui Pengguna, Intip yuk

4. Tidak bisa menggunakan aksesori dan pengisi daya

Terkadang, Apple meningkatkan desain aksesori iPhone-nya. Pergeseran dari konektor 30-pin ke Lightning dan pelepasan jack headphone adalah contoh yang bagus.

Setelah Apple berhenti memproduksi aksesori ini, Anda mungkin menemukan versi berkualitas tinggi lebih sulit ditemukan jika milik Anda rusak.

Jika pengisi daya ponsel Anda saat ini telah habis, memperbarui perangkat Anda mungkin lebih mudah daripada mencari yang baru secara online.

5. Memperbaiki iPhone jauh lebih mahal

Mengganti layar yang retak adalah salah satu perbaikan iPhone yang paling sering dipesan.

Namun, biaya dapat bertambah jika ponsel Anda mengalami kerusakan yang signifikan. Misalnya, Anda mungkin menjatuhkan ponsel tetapi perlu mengganti kamera depan dan belakang serta tombol Beranda, selain layar.

Untuk iPhone yang lebih baru, mengganti suku cadang ini mungkin masih lebih murah daripada membeli telepon baru. 

Tetapi jika perangkat Anda berumur beberapa tahun, Anda mungkin mendapati bahwa memutakhirkan ke iPhone yang lebih baru lebih murah dan membutuhkan lebih sedikit usaha. 

Baca Juga: Simak 11 Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas yang Aman untuk Pemula

6. Tidak mendapat cakupan jaringan seluler

Meskipun Anda tidak memerlukan 5G untuk mendapatkan jangkauan seluler yang cepat, memiliki setidaknya 4G akan memungkinkan Anda memanfaatkan perangkat secara maksimal.

Setiap kali perusahaan teknologi meningkatkan infrastruktur jaringan seluler, perangkat yang lebih lama sering tertinggal.

Anda mungkin masih dapat mengirim pesan dan menelepon orang, tetapi mencoba melakukan hal lain tanpa Wi-Fi akan menjadi lebih melelahkan.

Setelah iPhone Anda tidak lagi menerima tingkat jangkauan jaringan yang memadai dan Anda berencana menggunakannya jauh dari Wi-Fi, meningkatkan ke perangkat baru adalah ide cemerlang.

Anda dapat melihat perbedaan kecepatan antara 5G dan 4G jika Anda tidak yakin apakah peningkatan itu bermanfaat.

7. iPhone sudah tidak berfungsi

Jika orang kesulitan mendengar apa yang Anda katakan selama panggilan telepon, aplikasi Anda terus-menerus mogok, atau tombol dan layar sentuh Anda tidak berfungsi, meningkatkan ke perangkat baru mungkin satu-satunya pilihan Anda.

8. Tidak bisa menggunakan fitur baru

Seiring waktu, iPhone berevolusi secara alami. Meskipun perangkat lunak Anda masih berfungsi sebagaimana mestinya, Anda mungkin tidak dapat menggunakan fitur yang ingin Anda akses. 

Misalnya, Anda mungkin merasa kamera iPhone Anda kurang bagus untuk memaksimalkan fotografi smartphone Anda.

Demikian pula, Anda mungkin tidak memiliki akses ke kamera yang bagus untuk konten video. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu mengganti iPhone menjadi lebih baru. 

Jadi, itulah beberapa masalah yang sering muncul sehingga bisa menjadi tanda Anda perlu ganti iPhone baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News