HOME, Santai

Takut Menjadi Wanita Mandiri? Bisa Jadi Mengalami Cinderela Complex

Takut Menjadi Wanita Mandiri? Bisa Jadi Mengalami Cinderela Complex

MOMSMONEY.ID - Istilah Cinderella Complex merupakan salah satu istilah yang sedang ramai dibicarakan di sosial media. Fenomena ini adalah fenomena yang berkaitan dengan perubahan gaya hidup perempuan.

Melansir dari laman Wikipedia, Cinderella Complex dijelaskan adalah suatu keadaan dimana adanya ketakutan pada seorang perempuan untuk hidup mandiri.

Istilah ini sendiri pertama digunakan oleh seorang penulis bernama Colette Dowling. Ia menulis buku mengenai ketakutan seorang perempuan untuk menjadi mandiri dengan menggunakan karakter dongen Cinderella.

Baca Juga: Sering Melihat Angka Kembar? Bisa Jadi Itu Angel Number, Berikut Penjelasannya

Filosofi ini diambil dari kepribadian Cinderella yang merupakan seorang perempuan mandiri, cantik, sopan, pekerja keras, dan bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. 

Namun, ia merasa ketakutan dengan hal tersebut dan berniat untuk mengubah situasinya setelah hidup mandiri dengan bantuan pria atau pangeran.

Pada masa kini, banyak perempuan yang mengalami ketakutan untuk bisa hidup mandiri dan menggantungkan hidupnya kepada pria. 

Banyak wanita mandiri yang sudah bisa melakukan segala sesuatunya seorang diri dan dalam sekejap ingin mengubah situsinya untuk diurus oleh orang lain. Sehingga fenomena Cinderella complex ini menjadi hangat dalam beberapa perbincangan.

Tanda tanda atau ciri dari sindrom Cinderella complex ini ada beberapa. Seperti yang dilansir dari laman Health Grades, salah satu cirinya adalah adanya ketergantungan perempuan kepada pasangan karena sulitnya mengambil keputusan dan pilihan.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Mengapa Resiliensi Penting Dalam Dunia Kerja

Selain itu tanda lainnya adalah adanya rasa cemas dan ketakutan untuk hidup mandiri dan menurut kebahagiannya. Karena ia merasa dirinya lemah dan tidak berdaya.

Selalu ingin berada di zona nyaman dan memiliki kepercayaan diri yang rendah juga bisa menjadi tanda sindrom Cinderella complex ini. 

Perempuan dengan sindrom ini juga lebih cenderung sering mendambakan pria seperti sosok pangeran dalam kisah dongeng. Dimana pangeran ini adalah orang yang bisa menyelamatkan mereka, melindungi, kuat, dan menyediakan segala kebutuhannya.

Hal tersebut adalah naluri alamiah karena orang dengan kepribadian ini sering menunjukkan sikap yang lebih suka diayomi atau diurus oleh orang lain.

Laman Health Grades juga menyebutkan bahwa sindrom ini bisa saja muncul karena akibat dari pola asuh orang tua. Dimana orang tua tanpa disadari membiarkan anak-anak mereka sehingga mereka berharap memiliki pangeran sebagai mana dikisahkan dalam dongeng untuk merawat mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News