HOME, Keluarga

Takaran Skincare yang Pas, Supaya Tidak Berlebihan atau Terlalu Sedikit

Takaran Skincare yang Pas, Supaya Tidak Berlebihan atau Terlalu Sedikit

MOMSMONEY.ID - Skincare menjadi produk andalan bagi banyak orang untuk memperbaiki dan mempercantik kulit mereka. Oleh sebab itu, skincare perlu digunakan dengan takaran yang pas agar bisa bekerja secara efektif.

Skincare yang terlalu sedikit tentu tidak akan memberikan pengaruh yang berarti bagi kulit. Sebaliknya, skincare dengan takaran berlebihan hanya akan membuang-buang produk dan bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti iritasi, kemerahan, dan residu berminyak.

Melansir Coveteur, inilah takaran skincare yang tepat dan disarankan oleh ahli kulit. Yuk, simak!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Aloe Vera Gel Harga 30 Ribuan, Ampuh Lembabkan Kulit

1. Cleanser

Pada dasarnya, seberapa banyak produk cleanser yang digunakan bervariasi sesuai formulasi dan setebal apa makeup yang dipakai.

Umumnya, cleanser dengan takaran selebar uang koin sudah cukup untuk membersihkan wajah. Jika Anda menggunakan cleanser yang berbusa maka pakailah dengan takaran setidaknya satu pump.

Untuk para pemakai makeup tebal, disarankan untuk melakukan double cleansing dengan micellar water dan diakhiri dengan facial wash supaya semua bekas makeup bisa hilang secara maksimal.

2. Exfoliator

Sebagian besar dokter kulit dan ahli kecantikan merekomendasikan untuk menggunakan chemical exfoliator dibandingkan physical exfoliator. Pasalnya, formula AHA dan BHA dalam produk chemical exfoliator akan mengelupas sel kulit mati dan menghilangkan penumpukan kotoran serta minyak secara lembut. Selain itu, AHA dan BHA juga akan membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Takaran exfoliator yang direkomendasikan adalah selebar uang koin. Jika Anda lebih menyukai physical scrub, pilihlah yang partikel produknya kecil dan pijat dengan menggunakan tekanan yang lembut.

3. Toner

Toner tidak hanya mampu menyegarkan kulit namun juga bisa menyeimbangkan ph kulit dan menghilangkan sisa cleanser, makeup, hingga klorin yang ada di dalam air keran.

Produk toner ada yang berbentuk spray dan liquid yang diteteskan ke kapas. Untuk penggunaan toner spray, takaran yang direkomendasikan adalah 2-3 semprotan kemudian tepuk-tepuk dengan lembut. Apabila preferensi Anda adalah toner liquid biasa, takaran yang direkomendasikan adalah 6 tetes supaya kapas benar-benar basah.

Baca Juga: Cara Menggunakan Face Oil yang Tepat Bagi Pemula, Sudah Tahu?

4. Serum

Serum wajah mengandung konsentrasi bahan aktif yang tinggi sehingga penting untuk memerhatikan seberapa banyak produk yang digunakan.

Takaran penggunaan serum yang disarankan dan dinilai pas ialah seukuran kacang polong. Atau, setara dengan 2-3 tetes serum.

5. Eye Cream

Pengaplikasikan eye cream harus dilakukan secara hati-hati karena area mata merupakan area yang termasuk sensitif.

Eye cream dengan takaran sebesar kacang polong adalah takaran yang disarankan dan sudah cukup untuk menutupi kulit sekitar mata.

Apabila eye cream yang Anda gunakan memiliki konsistensi tebal, maka gunakan produk ini di akhir tahapan skincare. Sementara itu, jika eye cream Anda sama ringannya dengan serum, maka gunakanlah produk ini sebelum pelembab.

6. Moisturizer

Moisturizer merupakan produk wajib yang harus digunakan pada semua jenis kulit termasuk tipe kulit berminyak karena sifatnya yang dapat menghidrasi kulit.

Takaran moisturizer yang disarankan kira-kira seukuran buah blueberry. Takaran ini sudah cukup untuk menutupi wajah, leher, dan dada. Apabila kulit Anda sangat kering, Anda bisa menambahkan takarannya. Sementara itu, apabila kulit Anda berminyak, takaran bisa Anda kurangi.

Intinya, cobalah dengan takaran sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan moisturizer yang benar-benar diperlukan oleh kulit Anda.

7. Sunscreen

Selain moisturizer, sunscreen juga termasuk produk skincare yang wajib digunakan terutama ketika hendak beraktivitas outdoor. Kaya manfaat, sunscreen berguna untuk mencegah penuaan dini dan risiko kanker kulit.

Oleh sebab itu, sunscreen perlu digunakan dengan takaran yang pas dan tidak pelit-pelit. Takaran sunscreen yang ideal adalah dua ruas jari atau selebar buah ceri.

Pastikan untuk menggunakan sunscreen secara merata tidak hanya pada area wajah melainkan juga leher khususnya jika Anda tidak menggunakan penutup kepala atau hijab.

Itulan takaran penggunaan skincare yang direkomendasikan oleh ahli kulit. Apakah selama ini takaran penggunaan skincare Anda sudah sesuai? Jika belum, yuk diperbaiki supaya hasil skincare-nya bisa maksimal!

Selanjutnya: Ini 5 Kebiasaan Makeup yang Bisa Menyebabkan dan Memperparah Jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News