Keluarga

Tak Selalu Buruk, Ketahui 5 Manfaat Melamun untuk Kehidupan Sehari-Hari

Tak Selalu Buruk, Ketahui 5 Manfaat Melamun untuk Kehidupan Sehari-Hari

MOMSMONEY.ID - Berikut 5 manfaat melamun untuk kehidupan sehari-hari yang patut Anda ketahui.

Melamun menjadi salah satu aktivitas yang sering terjadi tanpa sadar. Para ilmuwan setuju bahwa kita menghabiskan waktu sekitar 30%-50% di dalam lamunan.

Melamun sendiri dapat didefinisikan sebagai keadaan di mana pikiran akan melayang dan mengembara tatkala kita bangun.

Sering dianggap negatif, faktanya melamun menyimpan sejumlah manfaat positif lho. Lebih lanjut, inilah 5 manfaat melamun untuk kehidupan sehari-hari sebagaimana dilansir dari Verywell Mind.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Janin Selama Kehamilan

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Melamun akan mendorong Anda mengabaikan sejenak dunia luar yang bising. Saat momen ini terjadi, pikiran Anda akan mengalir dengan bebas sekaligus mendorong relaksasi dan eksplorasi mental.

Tatkala pikiran Anda mengalir seperti itu, Anda akan berada di zona alfa yang mana zona ini mampu membuat Anda tenang dan tidak memikirkan apapun dengan semangat yang dipaksakan.

Melamun dapat berguna terutama saat Anda menghadapi ancaman atau lingkungan yang terlalu sibuk. Melamun bisa menjadi perangkat kesehatan mental untuk menghindari stres dan kecemasan.

Menurut blog kesehatan Harvard University’s Medical School, pengembaraan pikiran dapat membantu mengelola kecemasan. Sama halnya dengan meditasi atau aktivitas yang menenangkan, melamun juga bisa bertindak sebagai obat alami untuk mengurangi stres dan kecemasan.

2. Membantu memecahkan masalah

Lamunan bukan sekadar pelarian kecil, tetapi juga salah satu cara untuk merevitalisasi diri agar dapat kembali ke masalah dengan lebih segar. Melalui lamunan, Anda akan terbantu untuk mendekati masalah yang ada dengan perspektif baru.

Dalam sebuah penelitian yang melacak berbagai pola pemikiran internal, para peneliti menyimpulkan bahwa pengembaraan pikiran merupakan hal yang penting dan baik bagi kita. Adapun proses kognitif ini cenderung mengarah pada ide-ide baru.

Kendati terdengar tidak biasa, faktanya membiarkan pikiran melayang dapat membantu memecahkan masalah saat fokus pada masalah tersebut tidak berhasil. Juga, mengarahkan Anda menuju wawasan yang bisa membantu Anda mencapai tujuan.

Jadi, jangan ragu untuk melamun sesekali ketika Anda bingung dengan suatu masalah alih-alih terus bersikeras untuk menyelesaikannya.

3. Melibatkan berbagai bagian otak

Apa yang terjadi di otak saat melamun cukup rumit. Saat pikiran mengembara, Anda akan menggunakan berbagai aspek dalam otak Anda.

Baik jaringan eksekutif pemecahan masalah maupun jaringan kreativitas, keduanya akan bekerja secara bersamaan.

Ketika area otak yang berbeda tersebut aktif, itu akan membantu mengakses informasi yang sebelumnya mungkin berada di luar jangkauan atau tidak aktif.

Baca Juga: Keringat Berlebih Mengganggu? Ini 4 Cara Menghentikan Keringat Berlebih dengan Mudah

4. Membantu mencapai tujuan

Atlet terkadang menggunakan lamunan yang disengaja namun terstruktur untuk berlatih sebelum pertandingan.

Metode tersebut akan membantu mempersiapkan otak mereka untuk sukses. Ini seperti berlatih secara mental daripada fisik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Lamunan berbasis fantasi seperti berubah menjadi pahlawan super mungkin akan mengecewakan atau membuat Anda frustasi karena terlalu dibuat-buat. Sebaliknya, lamunan terstruktur yang kerap dilakukan oleh para atlet justru dapat memotivasi karena cenderung realistis.

Dengan membayangkan atau melamun tentang salah satu tujuan dalam kehidupan nyata, itu akan mengundang Anda untuk memikirkan langkah-langkah yang bisa diambil, cara untuk tetap termotivasi, serta cara mengatasi hambatan.

5. Memperluas kreativitas

Penelitian telah menetapkan bahwa aktivitas melamun berkorelasi dengan tingkat kreativitas yang lebih tinggi.

Satu studi di mana mahasiswa memiliki waktu 2 menit untuk menghasilkan sebanyak mungkin kegunaan benda sehari-hari (seperti tusuk gigi dan batu bata) telah membuktikan hal ini. Hasilnya, mahasiswa yang melamun terlebih dahulu daripada terus fokus pada masalah cenderung lebih baik dalam menghasilkan lebih banyak ide kreatif.

Seorang terapis pernikahan dan keluarga bernama Bianca L. Rodriguez, Ed.M, menggambarkan melamun dengan baik sebagai olahraga pikiran.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa melamun memungkinkan pikiran untuk memperkecil dan melihat seluruh hal yang menciptakan perspektif berbeda sekaligus mengundang kreativitas.

Itulah 5 manfaat melamun untuk kehidupan sehari-hari yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika Anda sedang frustasi dengan suatu situasi, masalah, atau hanya ingin memperluas imajinasi dan kreativitas Anda, maka cobalah untuk melamun dan lihatlah jalur mental apa yang mungkin terbuka untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News