Keluarga

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Punya Kulit Berminyak yang Patut Anda Ketahui

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Punya Kulit Berminyak yang Patut Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Ada 5 manfaat punya kulit berminyak yang harus diketahui oleh para pemilik oily skin. Cari tahu, yuk!

Memiliki kulit berminyak mungkin terasa seperti mimpi buruk bagi sebagian orang. Pasalnya, jenis kulit ini lebih rentan terhadap jerawat dan komedo serta bisa membuat makeup mudah luntur.

Padahal, kulit berminyak juga menyimpan beragam manfaat lho. Apa sajakah itu?

Melansir Dermstore dan Amazingy, berikut 5 manfaat punya kulit berminyak yang harus diketahui oleh para pemilik oily skin.

Baca Juga: 4 Jenis Flek Hitam pada Wajah yang Harus Anda Ketahui, Jangan Keliru!

1. Kulit lebih tebal dan halus

Manfaat punya kulit berminyak yang pertama yaitu kulit lebih tebal dan halus. Minyak saja mungkin tidak cukup untuk mencegah pembentukan kerutan. Namun, kelenjar minyak atau sebaceous yang aktif menawarkan manfaat lain yang dapat membantu menjaga kulit tetap halus.

Orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak berlebihan. Hal ini berkontribusi pada pembentukan lapisan kulit bagian dalam yang lebih tebal. Alhasil, kulit akan terasa lebih kenyal khususnya di area wajah yang mudah dihinggapi kerutan seperti dahi.

2. Memiliki perlindungan alami dari sinar matahari

Manfaat punya kulit berminyak yang kedua yaitu memiliki perlindungan alami dari sinar matahari. Minyak yang dihasilkan kulit berminyak mengandung vitamin E yang mampu bertindak sebagai tabir surya alami sekaligus antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Molekul vitamin E dari minyak yang dihasilkan kulit berminyak dapat menyerap beberapa sinar UV. Meskipun begitu, pastikan untuk tetap memakai sunscreen khusus kulit berminyak setiap hari ya Moms.

3. Lebih tahan terhadap kerutan

Manfaat punya kulit berminyak yang ketiga yaitu lebih tahan terhadap kerutan. Para peneliti telah menemukan bahwa orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki kerutan yang lebih pendek dan lebih dangkal dibandingkan orang dengan kulit kering.

Kendati demikian, tidak semua area wajah memiliki produksi minyak yang sama. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tetap memakai pelembab guna membantu meminimalkan tanda-tanda penuaan. Pilihlah pelembab yang ringan, non-comedogenic, dan diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

Baca Juga: Lakukan 5 Urutan Skincare Ini Sebelum Tidur, Kulit Sehat di Pagi Hari

4. Membutuhkan produk skincare yang lebih sedikit

Manfaat punya kulit berminyak yang keempat yaitu membutuhkan produk skincare yang lebih sedikit. Dibandingkan pemilik kulit kering yang harus terus-menerus re-apply produk untuk menghilangkan epidermis yang kering dan meredakan kulit yang iritasi, pemilik kulit berminyak cenderung tidak membutuhkannya.

Dalam hal melembabkan kulit, pelembab yang ringan saja sudah cukup bagi pemilik kulit berminyak. Ini tentu bisa menghemat uang dan waktu kan, Moms?

5. Kulit lebih seimbang

Manfaat punya kulit berminyak yang kelima yaitu kulit lebih seimbang. Jenis kulit berminyak umumnya lebih mudah dalam menyeimbangkan ph dibandingkan jenis kulit normal.

Pada dasarnya, minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit sudah mengandung asam oleat yang mampu melindungi kulit dari bakteri dan infeksi. Dengan memiliki kulit yang lebih berminyak, itu menawarkan perlindungan yang lebih baik bagi kulit karena lapisan asam oleatnya lebih tebal dibandingkan kulit normal maupun kering.

Itulah 5 manfaat punya kulit berminyak. Ternyata, memiliki kulit berminyak tidak seburuk itu ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News